First Impression BMW 320i Dynamic: Desainnya Melegenda, Akselerasinya Juara

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 22 Okt 2021 19:54 WIB
BMW 320i Dynamic
Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto
Jakarta -

BMW Indonesia mendatangkan sedan terbaru dan termurah mereka ke pasar Indonesia, BMW 320i Dynamic. Kali ini, detikOto diundang untuk melihat dan menjajal sebentar rasa berkendara dari sedan legendaris ini. Bagaimana impresinya? Simak ulasan kami kali ini.

Desain yang Melegenda

Melihat wujudnya, tentu BMW 320i Dynamic ini tampak lebih kalem dibandingkan dengan BMW 320i Sport yang sudah dirilis sejak Desember 2020. Perbedaan yang paling kentara dari eksteriornya adalah penggunaan lampu yang kini full LED, tidak lagi Laser Light layaknya BMW 320i Sport.

Geser ke samping, BMW 320i Dynamic kini menggunakan pelek yang lebih kecil dibandingkan 320i Sport. Peleknya ring 17 dan dibalut ban Bridgestone Turanza. Sebelumnya 320i Sport menggunakan pelek ukuran 18 inci.

Di belakang, tak ada yang berbeda jika membandingkan antara 320i Dynamic dengan yang Sport. Namun, kini BMW memberikan bagasi dengan metode pembukaan yang elektris.

Lalu masuk ke interiornya, BMW dengan kode bodi G20 ini juga masih menggunakan bahasa desain yang sama dengan 320i Sport. Namun untuk headliner atau plafon, kini hadir lebih kalem dengan warna beige.

BMW 320i DynamicBMW 320i Dynamic Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Well, susah untuk tidak suka dengan desain klasik nan legendaris sedan seri 3 terbaru BMW ini. Desainnya modern, namun terasa timeless.

Mesin Bertenaga, Pengendalian Lincah

Khas BMW 320i, tidak ada pengurangan spek di versi Dynamic ini. Di balik bonetnya, BMW 320i Dynamic masih menggunakan mesin 2.0 liter, empat-silinder. BMW mengklaim, mesin ini dapat mengelurkan tenaga maksimum 184 hp, sementara torsi puncak di 300 Nm.

BMW 320i Dynamic terbaru ini, di atas kertas memiliki berat hingga 55 kilogram lebih ringan dari generasi sebelumnya. Model ini juga memiliki pusat gravitasi rendah dan distribusi bobot 50: 50, sementara struktur bodi mejadi lebih kaku dan teknologi suspensi telah meningkat secara signifikan. Aerodinamika yang dioptimalkan mengurangi koefisien hambatan menjadi hanya 0,23.

Nah, detikOto berkesempatan untuk menjajal sebentar BMW 320i Dynamic di trek buatan. Namun, kami sudah dapat merasakan akselerasi dan juga handling-nya di trek pendek ini.

BMW 320i DynamicBMW 320i Dynamic Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Menurut kami, BMW 320i Dynamic ini punya karakter yang sangat tipis bedanya dengan BMW 320i Sport. Namun perubahan spek kaki-kaki, membuat pengendalian 320i Dynamic ini terasa tidak setajam 320i Sport. Mungkin, profil ban yang lebih tebal membuat pengendaliannya tidak semenyenangkan 320i Sport. Namun secara umum, mesin serta transmisi yang digunakan masih sama.

Masuk ke mode sport, pindahkan transmisi ke M1, gas dicolek dikit saja mobil langsung ngacir. Asyiknya lagi, karena mobil yang kami tes masih menggunakan ban baru yang sangat optimal kinerjanya, menghasilkan grip yang pas. Alhasil, pengendalian mobil ini terasa lebih meyakinkan.

Overall, menurut kami sebagai sedan termurah BMW, 320i Dynamic ini dapat menjadi paket hemat yang komplit. Namun, jika mengincar yang lebih bertenaga dengan desain yang lebih sporty, BMW 330i M Sport dapat menjadi pilihan dengan selisih harga sekitar Rp 200 juta.

Ketersediaan dan Harga BMW 320i Dynamic

BMW 320i Dynamic hadir sebagai sedan termurah yang saat ini BMW Indonesia jual. BMW membanderol mobil ini dengan harga Rp. 799,000,000 off the road. Sedangkan untuk harga OTR Jakarta dengan status kepemilikan pertama dibanderol Rp 899 juta.



Simak Video "Tampang Sedan Termurah BMW yang Dijual di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)