Kangen Honda Jazz, Ini Kiprahnya Selama 20 Tahun

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Jumat, 22 Okt 2021 10:09 WIB
Sejarah Honda Jazz selama 20 tahun sebelum berhenti produksi.
Honda Jazz Generasi ke-4 Foto: doc. Honda
Jakarta -

Honda Jazz resmi sudah tidak dijual lagi di Indonesia, sebagai gantinya Honda meluncurkan Honda City Hatchback untuk mengisi segmen yang sama. Lalu, bagaimana sejarah Honda Jazz yang diklaim sebagai raja hatchback dalam 20 tahun terakhir?

Sejak pertama kali diluncurkan, Honda Jazz memiliki empat generasi. Saat generasi pertama diluncurkan, Honda Jazz atau disebut juga Honda Fit di Jepang berhasil mencuri perhatian masyarakat, termasuk di Indonesia.

Kini, setelah 20 tahun berlalu Honda tidak lagi memproduksi Jazz dan menggantikannya dengan City Hatchback. Produksi unit terakhir Honda Jazz beredar di media sosial yang disebarkan oleh Honda Jazz Club Thailand.

Bagaimana sejarah Honda Jazz yang punya empat generasi ini? Dikutip dari Wapcar, berikut ini kiprah Honda Jazz sejak pertama kali diluncurkan hingga terakhir.

1. Honda Jazz GD

Sejarah Honda Jazz selama 20 tahun sebelum berhenti produksi.Generasi pertama Honda Jazz atau Honda Fit diluncurkan di Jepang pada Juni 2001. Honda mengusung mesin mesin 1.5 liter i-DSI dan 1.5 liter VTEC dengan pilihan transmisi CVT dan manual 5 percepatan. Foto: doc. Honda

Generasi pertama Honda Jazz atau Honda Fit diluncurkan di Jepang pada Juni 2001. Saat itu, Honda Jazz mengusung mesin 1.5 liter i-DSI dan 1.5 liter VTEC dengan pilihan transmisi CVT dan manual 5 percepatan.

Kala itu, generasi pertama Honda Jazz diluncurkan sebagai pilihan alternatif bagi konsumen yang ingin membeli MPV kecil.

Honda menawarkan fitur yang disebut Ultra Seats, sehingga pemilik mobil bisa menyimpan berbagai barang ke dalam kabin. Hal ini yang menjadi salah satu nilai jual lebih dari Honda Jazz.

Awal peluncuran di Jepang langsung mencetak rekor, Honda Jazz berhasil menggeser Toyota Corolla sebagai mobil dengan penjualan nomor satu di Jepang yang telah bertahan selama 33 tahun.

Pada tahun 2002, Honda Jazz generasi pertama laku sebanyak 250.790 unit dan memegang gelar sebagai mobil terlaris di Jepang selama hampir satu dekade.



Simak Video "Sayonara! Ini Honda Jazz Produksi Terakhir"
[Gambas:Video 20detik]