Kapan Toyota GR Yaris Dikirim ke Konsumen?

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 21 Okt 2021 15:08 WIB
Toyota GR Yaris
Toyota GR Yaris (Luthfi Anshori/detikcom)
Jakarta -

Toyota-Astra Motor (TAM) sudah merilis GR Yaris di Indonesia sejak Agustus 2021 lalu. Mobil berstatus limited alias terbatas ini sudah habis diborong konsumen Tanah Air. Lalu kapan proses delivery-nya dilakukan ya?

Toyota GR Yaris akhirnya resmi dijual di Indonesia. Mobil hatchback berperforma tinggi ini dijual terbatas dan ditawarkan dengan kisaran Rp 850 juta on the road.

Dikutip dari laman Toyota Astra Motor, GR Yaris merupakan mobil yang hadir dari ajang kejuaraan reli dunia, World Rally Championship (WRC). Toyota GR Yaris dikembangkan langsung oleh divisi sport Toyota Gazoo Racing.

Untuk membuat mobil hatchback sporty berperforma tinggi yang bisa digunakan di jalan raya, Toyota Gazoo Racing menjalin kerja sama dengan pebalap WRC paling sukses, Tommi Mäkinen. GR Yaris tercatat pernah menjadi juara konstruktor WRC 2018 dan juara pebalap WRC pada 2019.

Dijelaskan Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy
Sejauh ini sudah ada 600 SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) GR Yaris yang masuk. Sementara Indonesia hanya dapat 126 unit dari 25 ribu unit GR Yaris yang diproduksi untuk global. GR Yaris versi Indonesia dijual dalam dua pilihan warna, Emotional Red 2 dan Platinum White Pearl MC.

Mengingat permintaan tidak sebanding dengan suplai, Toyota memberlakukan sistem undian untuk memilih para calon pembeli GR Yaris. Lalu kapan unitnya dikirim ke konsumen?

"Bertahap ya. Mulai bulan November, mudah-mudahan sebagian bisa kita delivery di November-Desember, dan sebagian lagi di awal tahun," kata Anton kepada wartawan, di Edutown BSD City, Tangerang Selatan, Kamis (21/10/2021).

Toyota GR YarisToyota GR Yaris Foto: Luthfi Anshori/detikcom

"Harga (on the road) Rp 850 juta yang base. Ada juga yang pakai accesories option ya. Itu nambah kira-kira sekitar Rp 100 juta, tapi ini terserah konsumen," sambung Anton.

Sebagai informasi, GR Yaris untuk pasar Indonesia ditenagai mesin 1.6L 3-Silinder dengan Turbocharger. Mesin itu bisa menghasilkan tenaga puncak 261 PS pada 6.500 rpm dengan torsi maksimal 360 Nm pada 3.000-4.600 rpm.

Mesin itu disalurkan melalui penggerak 4 roda (4WD) yang dikombinasi transmisi manual 6-percepatan dengan Intelligent Manual Transmission (iMT). Ada juga fitur Limited Slip Differential (LSD) untuk memberikan performa traksi dan handling terbaik.

Toyota GR Yaris dibekali tiga mode berkendara: mode Normal untuk akselerasi yang lebih baik, mode Sport untuk kelincahan yang lebih baik, dan mode Track untuk berkendara cepat secara keseluruhan.

Toyota GR Yaris juga dibekali sejumlah fitur keselamatan, seperti Pre-Colission System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Tracing Assist (LTA), dan Automatic High Beam (AHB).



Simak Video "Toyota Pikat Pengunjung GIIAS 2021 Dengan Mobil Terbarunya!"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)