Kompensasi Recall Xpander Dibayar Pakai Gopay Rp 8 Juta? Ini Jawaban Mitsubishi

M Luthfi Andika - detikOto
Selasa, 19 Okt 2021 16:34 WIB
Mitsubishi memperbarui Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition 2021
Ilustrasi Mitsubishi Xpander cross black edition Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
Jakarta -

Mitsubishi mengumumkan memanggil (recall) semua pemilik Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition produksi 2021, akibat adanya permasalahan pada fitur kamera 360. Recall ini sempat bikin heboh lantaran ada pemilik yang mengaku ditawari kamera dicopot dan diganti saldo Gopay.

Cerita tersebut sempat ramai beredar di media sosial, pekan lalu. Dalam narasi yang termuat dalam postingan itu, disebutkan kalau si pemilik ditawarkan penggantian kompensasi melalui dealer akibat cacat produksi kamera 360 berupa uang elektronik Gopay senilai Rp 8 juta.

Sontak kabar ini ramai dibicarakan dan menjadi tanda tanya besar. Dikonfirmasi tentang hal tersebut, President Director PT MMKSI, Naoya Nakamura memberikan jawabannya kepada detikOto.

"Kami telah menginformasikan bentuk kompensasi atas aktivitas ini kepada seluruh konsumen dengan kendaraan terlibat," jawab Naoya Nakamura.

Namun dia tak menyebutkan dengan jelas kompensasi apa yang bakal diterima pemilik Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition produksi 2021.

Meski demikian, Nakamura menjelaskan recall merupakan langkah yang tepat dan langkah yang bisa menguntungkan konsumen.

"Kami yakin, dan berharap pelanggan kami memahami dengan baik, bahwa aktivitas recall produk adalah cara yang tepat untuk memastikan mobil layak jalan sehingga mereka terlindungi dari masalah yang tidak terduga," katanya.

"Konsumen dengan unit terlibat dan telah menerima undangan resmi agar tidak ragu untuk berpartisipasi pada aktivitas ini, yang telah diselenggarakan sejak 4 Oktober 2021 di seluruh diler dan bengkel resmi Mitsubishi Motors di Indonesia," Nakamura menambahkan.

Mitsubishi memperbarui Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition 2021Ilustrasi kamera 360 Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition 2021 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Diberitakan sebelumnya, Mitsubishi Xpander Cross Black Edition mengalami permasalahan yang berpotensi bisa mematikan mesin mobil. Mitsubishi langsung melakukan recall.

"Ya. MMKSI telah men-submit laporan recall produk ke Kementerian Transportasi RI, serta telah menginformasikan dan mengundang seluruh konsumen dengan mobil terlibat untuk berpartisipasi pada aktivitas ini," ucap President Director PT MMKSI, Naoya Nakamura kepada detikOto.

"Berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan di MMC, ditemukan bahwa pemasangan komponen Around View Monitor (AVM) di unit Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition dengan produksi tahun 2021 memiliki potensi timbulnya masalah pada sistem lampu sein dan lampu hazard, berpotensi mengganggu jalur komunikasi dan informasi antar ECU kendaraan, serta berpotensi menyebabkan mesin berhenti bekerja pada saat mobil dikendarai," lanjut Naoya Nakamura.

[Lanjut halaman berikutnya: yang spesial dari Mitsubishi Xpander Black Edition]



Simak Video "Duh! Ternyata Ini yang Bikin Mitsubishi Xpander Cross Kena Recall"
[Gambas:Video 20detik]