Calon Honda HR-V Listrik, Mulai Dijual 2022

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 15 Okt 2021 12:00 WIB
Honda e:NS1
Honda e:NS1 Foto: Honda
Jakarta -

Honda memperkenalkan lini mobil listrik baru untuk pasar China. Brand khusus mobil listrik tersebut diperkenalkan dengan nama e:N Series, yakni e:NS1 dan e:NP1 yang bakal dilepas pada tahun 2022.

Dikutip dalam situs Global Honda e:NS1 dan e:NP1 akan dijual pada tahun 2022. Mobil tersebut akan diproduksi oleh Dongfeng Honda dan GAC Honda.

Jika melihat tarikan garis secara umum, e:NS1 dan e:NP1 mirip dengan tampilan SUV e:concept yang diperkenalkan pada ajang Beijing International Automotive Exhibiton 2020 lalu. Mobil konsep yang akan diproduksi massal Honda dengan sistem pengaman bantuan Honda Sensing.

Dikutip dari Carnewschina, Jumat (15/10/2021) e:NS1 menggunakan platform yang sama dengan Honda HR-V terbaru yang datang dengan sistem hybrid. Namun untuk e:NS1 akan mengusung murni listrik. Mobil ini diproduksi di China lewat perusahaan patungan Dongfeng-Honda.

Honda e:N Concept Mobil ListrikHonda e:NP1 Foto: dok. Honda Global

Menariknya, Honda e:NS1 merupakan nama sebuah sepeda motor; sepeda motor performa Honda NS-1 yang dibuat pada pertengahan dan akhir 1990-an.

Honda e:N Concept Mobil ListrikHonda e:NS1 Foto: dok. Honda Global

Belum ada spesifikasi dari Honda e:NS1, tapi bocorannya Honda e:NS1 ditenagai oleh motor listrik tunggal, yang bersumber secara lokal dari perusahaan bernama Wei Pai Automotive Electronics.
Lewat motor listrik tersebut bisa menghasilkan output 182 hp untuk model dasar atau 201 hp untuk mobil spesifikasi teratas. Motor akan dikawinkan dengan paket baterai lithium ternary.

Sementara dalam situs resmi Honda disebutkan bahwa rentang jarak tempuh dengan baterai berkapasitas besar, bisa mencapai daya jelajah maksimum lebih dari 500 kilometer.

Tak hanya dua mobil di atas, Honda juga tengah menyiapkan tiga model lain yang saat ini masih berstatus konsep, yakni e:N COUPE Concept, e:N SUV Concept, dan e:N GT Concept.

Honda e:N Concept Mobil ListrikHonda e:N Concept Foto: dok. Honda Global

Honda memiliki target untuk dapat memasarkan semua model e:N Series dalam lima tahun mendatang. Honda juga akan merencanakan ekspor global model e:N Series yang dikembangkan dan diproduksi di China. Untuk komponen baterainya, Honda akan mempercepat kolaborasi dengan mitra aliansi strategisnya, CATL.



Simak Video "Wajah Honda HR-V Terbaru yang Sudah Meluncur di Thailand"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)