Luhut Minta Wuling Pasarkan Mobil Listrik di Indonesia Tahun Depan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 01 Okt 2021 11:11 WIB
Luhut lihat pabrik dan uji coba mobil listrik Wuling
Luhut berharap Wuling bisa pasarkan mobil listrik tahun depan. Foto: dok. Wuling Indonesia
Jakarta -

Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, mengunjungi pabrik Wuling Motors (Wuling) yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (30/9). Dalam kesempatan itu, Luhut diperlihatkan teknologi kendaraan listrik Wuling.

Luhut mengunjungi pabrik Wuling bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin. Tujuan peninjauan ke pabrik Wuling ini adalah untuk mengetahui perkembangan produksi mobil listrik.

Pabrik yang telah diresmikan sejak tahun 2017 ini telah memproduksi berbagai jenis mobil dan kini merambah pasar mobil listrik yang ramah lingkungan.

"Kalau bisa dipasarkan secepatnya, akhir 2022, agar masyarakat bisa beralih ke mobil listrik lebih cepat," kata Luhut dalam siaran persnya.

Luhut lihat pabrik dan uji coba mobil listrik WulingLuhut lihat pabrik dan uji coba mobil listrik Wuling Foto: dok. Wuling Indonesia

Dalam kesempatan ini Wuling juga unjuk gigi dengan menunjukkan kelebihan mobil listrik mereka kepada Luhut Binsar Pandjaitan. Luhut langsung melakukan pengujian mini EV yang menjadi andalan Wuling, yakni Wuling E100 dan dan Wuling Mini EV.

Berbagai teknologi diperlihatkan Wuling, di antaranya platform GSEV yang diperuntukkan bagi kendaraan penumpang dan bisa juga digunakan untuk logistik tanpa pengemudi alias otonom, konektivitasi 5G, serta komputasi awan. Dengan demikian, Wuling sudah memiliki rangkaian produk kendaraan listrik dan inovasi yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar Indonesia.

"Kami serius untuk membawa teknologi dan juga berinvestasi dalam rangka memasuki era elektrifikasi kendaraan. Tentunya, Wuling juga membutuhkan dukungan dari pemerintah untuk bersama-sama mengembangkan ekosistem EV di Indonesia," ungkap President Director Wuling Motors, Shi Guoyong, dalam siaran pers yang diterima detikOto.

"Realisasi investasi Wuling di Indonesia dimulai dari pembangunan fasilitas produksi dan supplier park dengan standar kualitas global. Kemudian, Wuling hingga kini telah menghadirkan lini produk berkualitas di pasar otomotif Indonesia, bahkan menjadi komoditas ekspor. Selain itu, selama masa pandemi, Wuling turut menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam proses manufaktur sehingga kesehatan para karyawan senantiasa terjaga," ujar Shi Guoyong.



Simak Video "Di China Laris Manis, Mobil Listrik Wuling Laku Keras di Indonesia?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)