Hampir 18 Tahun Avanza Bertahan dengan Penggerak Roda Belakang

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 30 Sep 2021 12:16 WIB
Toyota Avanza 2019 dan Veloz 2019 akhirnya meluncur. PT Toyota-Astra Motor memberikan penyegaran terhadap mobil yang dijuluki sejuta umat tersebut.
Toyota Avanza 18 tahun bertahan dengan penggerak roda belakang. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Toyota Avanza tahun ini akan menginjak usia yang ke-18 tahun. Kini muncul kabar bahwa Avanza akan dirombak total dan meluncur dalam waktu dekat.

Sejak pertama kali kemunculannya pada akhir 2003 lalu, Toyota Avanza hadir dengan penggerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD). Hingga akhirnya muncul rumor bahwa Avanza akan mengusung sistem penggerak roda depan atau front wheel drive (FWD).

Saat ini, di kelas low MPV kebanyakan menggunakan penggerak roda depan. Low MPV yang bertahan dengan penggerak roda belakang hingga kini antara lain Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Wuling Confero.

Dikutip dari situs resmi Toyota Astra Motor, ada beberapa alasan mengapa Avanza mempertahankan sistem penggerak roda belakang sampai sekarang. Yang pertama, mobil dengan sistem penggerak RWD diklaim bisa diandalkan di jalanan menanjak tanpa mengalami gejala selip. Ketika melintas di jalan menanjak, distribusi bobot pindah ke belakang dan di saat bersamaan mobil RWD diuntungkan karena ada tambahan suplai tenaga dari roda belakang.

Sistem penggerak roda belakang pada Toyota Avanza ini diwariskan dari kakaknya, Toyota Kijang yang telah hadir sejak akhir tahun 1970-an.

Tak cuma kemampuannya di tanjakan, mobil dengan RWD juga diklaim memiliki daya angkut besar. "Ini menjadi daya tarik Avanza, dari sisi pendapatan tenaga ketika jalan menanjak dan muatan full juga menjadi lebih besar ketimbang gerak roda depan," tulis Toyota dalam situs resminya.

Avanza yang mempertahankan RWD juga diklaim lebih tangguh melahap berbagai kontur jalan di Indonesia. Toyota menyebut, Avanza didesain sesuai karakter jalan di Indonesia, khususnya di daerah-daerah di mana banyak jalan di daerah mempunyai kontur jalan menanjak serta berliku, pun jalan rusak di beberapa wilayah.

"Selain itu, sistem gerak roda belakang menjadikan Avanza unggul di sisi daya tahan komponen kaki-kaki maupun suspensi. Dengan gerak roda belakang, perangkat kaki-kaki maupun suspensi memiliki usia pakai lebih lama karena beban mobil, baik daya maupun bobot, tidak tertumpu di depan," klaim Toyota.



Simak Video "Belum Resmi Meluncur, Avanza Baru Terciduk Sudah Wara-wiri di DKI"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)