Banyak yang Belum Tahu, Ini Arti Kata Avanza dan Xenia

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 27 Sep 2021 15:59 WIB
Jakarta -

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia merupakan dua mobil yang sangat populer di Tanah Air. Meluncur di Indonesia pada akhir 2003 silam, dua mobil kembar tersebut menjadi perintis di segmen low MPV (Multi Purpose Vehicle). Lantas, apakah kamu sudah tahu, kenapa kedua mobil yang lahir dari situasi krisis ekonomi 1998 itu dinamakan Avanza dan Xenia?

M Syakur Usman dalam 17 Tahun Fenomena Avanza-Xenia di Indonesia: The Ultimate Low MPV in Industry, menjelaskan arti dari kata Avanza dan Xenia. Disebutkan bahwa Avanza berasal dari bahasa Italia, Avanzato, yang artinya peningkatan. Sementara Xenia berasal dari bahasa Yunani, Xenos, yang punya arti tamu.

"Konsepnya adalah, Toyota Avanza dikomunikasikan sebagai mobil keluarga murah yang bergaya (prestise), sedangkan Daihatsu Xenia lebih kepada sisi fungsionalitasnya," tulis Syakur.

Disampaikan Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) periode 2002-2014, Johnny Darmawan, meski Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia merupakan produk kembar, namun untuk segmentasi pasarnya berbeda.

"Oleh karena itu, Toyota Avanza tidak ada pilihan mesin 1.000 cc. Kolaborasi dua pabrikan ini memang dibuat seksama. Proses produksinya dilakukan di pabrik PT Astra Daihatsu Motor. Namun dipastikan menggunakan cara dan jalur berbeda setiap merek," kata Johnny, dikutip dari sumber yang sama.

Sebagai informasi, saat pertama kali diluncurkan 18 tahun silam, Avanza ditawarkan dalam dua tipe, 1.3 E dan 1.3 G. Sementara Xenia modelnya 1.0 Mi, 1.0 Li, dan 1.3 Xi. Semua model saat itu hanya ditawarkan dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan.

Soal harga, Avanza 1.3 E dibanderol Rp 89,5 juta dan 1.3 G harganya Rp 99,5 juta. Bicara target pasar, Toyota Avanza mengincar kalangan menengah atas, sementara Xenia mengincar segmen menengah ke bawah.

(lua/lth)