Audi RS 4 Avant Melantai Buat Orang Tajir di RI, Harganya Rp 2,79 Miliar

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 17 Sep 2021 12:47 WIB
Audi RS 4 Avant diperkenalkan untuk pasar Indonesia
Audi RS 4 Avant untuk pasar Indonesia Foto: APHIT McKlein/Audi
Jakarta -

PT Garuda Mataram Motor selaku Agen Pemegang Merek (APM) Audi memboyong The New Audi RS 4 Avant buat para konglomerat di Indonesia. Mobil bergaya station wagon ini dibanderol Rp 2.799.000.000 (OTR Jakarta).

Audi RS 4 Avant disebut sebagai station wagon paling bertenaga. Tidak hanya itu, mobil buat para konglomerat ini juga mendapat penyegaran yang lebih sporty dari sisi eksterior dibanding model A4 Avant.

Oke, jika dibandingkan A4 Avant dari sisi eksterior, Audi RS 4 Avant kini punya desain grille singleframe yang lebih lebar dan lebih rata. Selain itu, grille dari mobil ini juga mendapat struktur sarang lebah 3-dimensi berbalut warna hitam gloss yang menjadi ciri khas dari model-model RS.

Lampu depan Matrix LED mendapatkan bezel berwarna gelap mempertegas kesan performa tinggi yang kembali membedakannya dengan keluarga model A4. Bagian fender depan dan belakang lebih lebar 30 mm dibandingkan dengan Audi A4 Avant.

Tampilan makin sporty, berkat rumah kaca spion berbalut aksen karbon serta roof-rail hitam. Spoiler di atas kaca belakang serta diffuser yang diapit dua pipa pembuangan makin mempertegas kegantengan Audi RS 4 Avant.

Audi RS 4 Avant diperkenalkan untuk pasar IndonesiaBuritan belakang Audi RS 4 Avant Foto: APHIT McKlein/Audi

Oiya, The New Audi RS 4 Avant yang ditawarkan hadir dengan velg forged alloy 10-spoke 19 inci berbalut ban 265/35 R19 sebagai velg standar. Tapi kalau ingin opsi lain juga tersedia, mulai velg forged alloy 5-arm flag style berbalut warna Glossy Anthracite Black berukuran 20 inci, velg fully milled alloy 5-arm peak style Matte Bronze berukuran 20 inci, serta velg forged alloy 5-arm flag style 20 inci, yang semuanya berbalut ban 275/30 R20.

Audi RS 4 Avant diperkenalkan untuk pasar IndonesiaAudi RS 4 Avant diperkenalkan untuk pasar Indonesia Foto: APHIT McKlein/Audi

Well, Audi RS 4 Avant makin keren dengan kehadiran kaliper rem berwarna merah atau opsi rem keramik RS dengan kaliper merah atau Anthracite Gray.

Masuk ke dalam interiornya, Audi RS 4 Avant menawarkan balutan warna hitam untuk mempertegas kesan sporty. Pada bagian lingkar kemudi berbalut kulit model 3-spoke dengan tombol-tombol Multifungsi Plus, dan flat-bottomed tombol "RS MODE" di bagian bawahnya.

Audi RS 4 Avant diperkenalkan untuk pasar IndonesiaInterior Audi RS 4 Avant Foto: APHIT McKlein/Audi

Di bagian tengah dashboard ada layar sentuh MMI berukuran 10.1 inci yang memiliki sistem operasi terbaru.

Di balik bonetnya, Audi RS 4 Avant menggunakan mesin bensin V6 2.9 Liter TFSI Twin-Turbo. Di atas kertas mampu menghasilkan tenaga puncak hingga 450 PS dan torsi maksimal 600 Nm. Torsi puncak ini dapat diraih mulai 1.900 hingga 5.000 rpm yang memungkinkan mobil ini berakselerasi 0 - 100 km/jam hanya dalam 4,1 detik.

Tenaga di atas disalurkan melalui sistem penggerak empat roda permanen quattro melalui transmisi 8-percepatan tripronic.

Dengan paket dinamik RS, kecepatan maksimalnya juga dapat ditingkatkan dari 250 km/jam menjadi 280 km/jam. Mesin TFSI ini berbobot hanya 182 kg, yang disebut 31 kg lebih ringan dibandingkan mesin V8 yang digunakan oleh generasi sebelumnya.

Berdasarkan hasil pengujian WLTP terbaru, mobil ini menghasilkan konsumsi bahan bakar hingga 10,8 km/liter (9,2 liter/100 km), dengan emisi CO2 mencapai 211 gr/km.

Audi menawarkan delapan pilihan warna eksterior untuk The New Audi RS 4 Avant di pasar Indonesia yaitu Tango Red Metallic, Turbo Blue, Daytona Gray Pearl Effect, Navarra Blue Metallic, Sonoma Green Metallic, Glacier White Metallic, Nardo Gray dan Mythos Black Metallic.

Bicara harga, Audi RS 4 Avant menyapa para konglomerat di Indonesia dengan harga Rp. 2.799.000.000 (on-the-road) Jakarta.



Simak Video "Yuk Lihat RS4 Avant yang Katanya Sangar"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)