New York Larang Mobil Bensin dan Diesel Mulai 2035

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 12 Sep 2021 13:18 WIB
New York City street road in Manhattan at summer time. Urban big city life concept background
Ilustrasi jalanan di New York Foto: Getty Images/iStockphoto/Renata Tyburczy
Jakarta -

Demi menekan angka polusi dan menyelamatkan lingkungan, pemerintah New York, Amerika Serikat pada Rabu (8/9/21) menandatangani aturan 2035 semua mobil dan truk penumpang baru yang dijual menjadi nol emisi.

Dikutip dari laman resmi pemerintahan New York, kebijakan ini dituangkan pada aturan nomor A.4302/S.2758. Dengan berlakunya aturan ini, maka peredaran mobil baru berbahan bakar bensin ataupun diesel, di tahun 2035 nanti akan diberhentikan.

"Di bawah undang-undang baru, kendaraan dan peralatan off-road baru yang dijual di New York ditargetkan bebas emisi pada tahun 2035, dan kendaraan medium dan heavy duty baru pada tahun 2045," tulis pemerintah New York lewat rilis resmi yang mereka unggah.

"Undang-undang tersebut juga mengharuskan pengembangan kendaraan bebas emisi. strategi pengembangan kendaraan pada tahun 2023, yang akan dipimpin oleh Otoritas Penelitian dan Pengembangan Energi Negara Bagian New York (NYSERDA) untuk mempercepat implementasi kebijakan dan program Negara Bagian yang diperlukan untuk mencapai tujuan baru undang-undang tersebut," tulis mereka.

Seiring dengan ditandatanganinya aturan ini, pemerintah New York menginvestasikan dana senilai US$ 1 miliar untuk kendaraan listrik.

"New York menerapkan rencana negara yang paling agresif untuk mengurangi emisi gas rumah kaca yang mempengaruhi iklim kita dan juga mencapai tujuan ambisius kita, kita harus mengurangi emisi dari sektor transportasi, yang saat ini merupakan sumber polusi iklim terbesar di negara bagian itu," papar Gubernur New York, Kathy Hochul lewat rilis resmi.

"Undang-undang dan peraturan baru menandai tonggak penting dalam upaya kami dan selanjutnya akan memajukan transisi ke kendaraan listrik yang bersih, sambil membantu mengurangi emisi di masyarakat yang telah terbebani oleh polusi dari mobil dan truk selama beberapa dekade," lanjut Hochul.

Dilansir dari Act News, per Juli 2021, jumlah kendaraan listrik yang tercatat beredar di New York berjumlah 15.000 unit. Angka segini masih sangat jauh dengan total 1,9 juta kendaraan yang tercatat di New York.

Sedangkan untuk infrastrukturnya, di kota New York sendiri sudah tersebar ratusan tempat pengecasan. Tempat cas mobil listrik ini terdiri dari 600 level 2 charging port, 20 DCFC charging port, 800 level 2 Tesla charging port, dan 90 Tesla Supercharger port.



Simak Video "Harga Rp 600 Jutaan, Ini Tiga Mobil Listrik Termurah di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)