Hyundai Semakin Serius Kembangkan Mobil Hidrogen

M Luthfi Andika - detikOto
Rabu, 08 Sep 2021 08:31 WIB
Logo Hyundai
Logo Hyundai Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Hyundai semakin serius untuk memperkenalkan dan mempopulerkan kendaraan hidrogen bukan hanya mobil listrik. Hyundai mengatakan berbagai strategi akan dijalankan untuk bisa mensukseskan mobil hidrogen dan dipilih konsumen. Bahkan produsen asal Korea Selatan ini yakin mobil hidrogen bakal merambah ke kendaraan umum.

Dikutip autocar, Hyundai berkomitmen hanya akan menjual kendaraan listrik pada 2035 di Eropa dan 2040 secara global. Selain itu Hyundai juga akan ikut menjual kendaraan komersial (FCEV) berbahan bakar hidrogen yang dikawinkan dengan baterai secara massal. Soal harga, Hyundai memprediksi FCEV akan memiliki banderol yang sama seperti mobil listrik pada 2030.

Hyundai juga mengatakan akan menjadi pabrikan pertama yang akan memfokuskan pada kendaraan hidrogen yang dikawinkan sistem listrik dan baterai, hal ini dibuktikan dengan diperkenalkannya mobil hybrid sports car Hyundai Vision FK yang mampu menyemburkan 671 bhp. Tangguhnya mobil hidrogen Hyundai ini terbukti dengan akselerasinya yang hanya butuh waktu 4 detik untuk bisa berlari 0-100 km/jam. Sementara jarak tempuhnya hingga 600 km sekali pengisian baterai.

Hyundai Vision FKHyundai Vision FK Foto: Pool (Autocar)

Sebagai catatan Vision FK mengawinkan sistem hidrogen dengan baterai listrik yang dikembangkan bersama Rimac dengan penggerak roda belakang, sesuai dengan pernyataan petinggi Hyundai Albert Biermann. ke depannya Hyundai akan lebih memfokuskan untuk bisa melahirkan mobil balap berbasis hidrogen, namun Hyundai belum memastikan model hidrogen apa yang bakal diperkenalkan dalam waktu dekat.



Simak Video "Ini SUV Baru Hyundai Casper, Laku Hampir 19 Ribu Unit saat Rilis Perdana"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)