Mobil Balap F1 McLaren Dilelang, Saat Ini Tawaran Tertingginya Rp 650 Juta

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 04 Sep 2021 12:47 WIB
Mobil Balap McLaren F1 2011 dilelang.
Mobil balap F1 McLaren dijual Foto: doc. Collecting Cars
Jakarta -

Mobil balap dari tim F1 McLaren tengah dilelang baru-baru ini, yang mengejutkan selain seluruh part mobil balap yang masih terjaga baik dan terjamin keasliannya, harga jual dari pelelangan ini bisa dikatakan cukup murah untuk sebuah mobil balap F1.

Dikutip carscoops, mobil balap McLaren MP4-26 kelahiran 2011 saat ini tengah dilelang. Meski demikian mobil balap ini bukanlah mobil balap yang saat itu dikendarai oleh Lewis Hamilton dan Jeson Button, melainkan sebuah mobil balap promosi. Meski tidak pernah melintas di trek dan hanya sebuah replika, McLaren coba mengusung mobil balapnya ini semirip mungkin dengan versi mobil balap sesungguhnya. Diawali penggunaan livery McLaren Vodafone berwarna silver dan merah serta terdapat nama Lewis Hamilton pada bagian mesin.

Selain itu mobil balap McLaren tersebut juga menggunakan banyak suku cadang asli yang pernah digunakan oleh pebalapnya. Seperti penggunaan velg Enkei asli dan ban Pirelli P Zero Compound 3 dari musim 2011.

Pada bagian interior, McLaren berusaha menampilkan mobil yang semirip mungkin dengan aslinya. Seperti hadirnya serat karbon monocoque di bagian dekat roda, serta setir kemudi replika yang lengkap dengan switchgear.

Dalam paket penjualan terdapat juga sertifikat asli dari McLaren. Selain itu ada juga catatan mengenai sejumlah kerusakan kecil, seperti beberapa bagian body yang lecet termasuk pada penutup kunci tengah roda.

Mobil Balap McLaren F1 2011 dilelang.Mobil Balap McLaren F1 2011 dilelang. Foto: doc. Collecting Cars

Sedikit informasi, mobil F1 McLaren MP4-26 ini meraih kesuksesan pada musim 2011 dengan merebut enam kemenangan, 18 kali podium, dan satu pole position. Sayang, McLaren gagal mendapat gelar konstruktor di 2011, begitu juga dengan Lewis Hamilton dan Jenson Button yang gagal meraih juara dunia F1.

Sampai saat ini mobil balap tersebut masih dilelang oleh perusahaan Collecting Cars. Lelang sendiri akan berakhir dalam beberapa hari ke depan dan sekarang sudah mendapat tawaran tertinggi mencapai 33.000 Poundsterling atau sekitar Rp 650 juta saja. Jika itu harga terakhirnya, bisa dipastikan mobil balap Formula One (F1) ini bakal lebih murah dibandingkan dengan Toyota Fortuner VRZ 2.4 A/T DSL versi tertinggi yang dihargai Rp 697.200.000, mobil balap F1 ini masih lebih murah.



Simak Video "RI Mau Gelar Formula 1, Sekali Balapan Butuh Uang Rp 1,1 T!"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)