Banyak Dipilih, Ini Untungnya Beli Mobil Secara Kredit

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 05 Agu 2021 12:20 WIB
Beautiful asian woman buying a car at the showroom
Dengan kredit, kamu bisa punya mobil baru. Foto: Getty Images/iStockphoto/torwai
Jakarta -

Konsumen yang ingin memiliki mobil saat ini dimudahkan dengan adanya fasilitas kredit kendaraan. Meski dengan budget terbatas untuk uang muka dan cicilan per bulan, kamu bisa membeli mobil baru yang diinginkan.

Menurut Perencana keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia, Andy Nugroho, ada berbagai keuntungan dari membeli mobil secara kredit. Yang pertama adalah dengan membeli mobil secara kredit konsumen akan langsung mendapatkan unit mobil yang diinginkan tanpa menunggu lama tabungan cukup untuk membeli mobil baru.

"Pasti barangnya langsung kita dapatin lah ya. Apa yang kita inginkan langsung kita dapat. Yaitu secara psikologis pasti menyenangkan sekali," kata Andy kepada detikcom, Rabu (4/8/2021).

Selain itu, dengan membeli mobil secara kredit terutama mobil baru tidak ada kecemasan lagi soal kualitasnya. Terlebih, pabrikan juga memberikan garansi untuk mobil baru.

"Udah nggak ada kecemasan lagi, nanti dapat unit yang bagus atau nggak. Namanya mobil baru kemungkinan cacat produksi kecil," ujar Andy.

Keuntungan lain membeli mobil secara kredit adalah biasanya sudah termasuk asuransi. Menurut Andy, asuransi cukup membantu dalam hal kepemilikan mobil.

"Misalnya kita ada kecelakaan atau kehilangan otomatis ada penggantian," katanya.

Dibanding membeli mobil bekas secara cash, membeli mobil baru secara kredit juga diuntungkan dengan servis gratis yang disediakan pabrikan. Biasanya, pabrikan memberikan servis gratis untuk kilometer atau waktu tertentu. "Itu lumayan mendiskon pengeluaran juga.

Di sisi lain, Andy menilai jika membeli mobil baru secara kredit, lima tahun kemudian ketika ingin dijual kembali harganya bisa turun%. Juga, beli mobil baru secara kredit ujung-ujungnya lebih mahal dibanding harga cash-nya.

"Mungkin harga mobil taruhlah Rp 200 juta, misalnya kita mencicil kan bisa jadi nanti jatuh-jatuhnya udah sampai Rp 300 jutaan. Dan ketika kita jual, harganya pasti udah turun banyak, bisa separuhnya. Misalnya rata-rata kredit 3-5 tahun, pas kita jual mungkin sudah turun separuhnya," ujarnya.

Namun, nggak ada salahnya kok beli mobil secara kredit. Apalagi kalau mobil yang dibeli ditujukan untuk tujuan produktif.

"Karena contohnya misalnya kebutuhannya adalah mau beli mobil untuk digunakan sebagai taksi online, atau mau disewakan, kan nggak mungkin beli mobil yang seken juga. Nah mau nggak mau kita harus ambil yang baru, dengan tujuan perawatan lebih murah karena ada garansi, dan biasanya persyaratan taksi online ada usia maksimal mobilnya kan. Dan itu jadi barang produktif ketika kita gunakan untuk cari uang," ujar Andy.



Simak Video "Bos Toyota: Semua Mobil Pakai Listrik, Jutaan Orang Bakal Jadi Pengangguran"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)