Mobil Hypercar Miliaran Ini Mogok Gegara Spare Part Seharga Rp 99 Ribu

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 22 Jul 2021 17:21 WIB
Aston Martin Valkyrie
Aston Martin Valkyrie Foto: Pool (Carbuzz)
Jakarta -

Aston Martin Valkyrie jadi salah satu bintang dalam perhelatan Goodwood Festival of Speed 2021 beberapa waktu yang lalu. Tapi, mobil yang dibanderol puluhan miliar itu mogok gara-gara spare part yang rusak seharga US$ 6,89 atau sekitar Rp 99 ribuan.

Dikutip dari Carbuzz, Kamis (22/7/2021) Aston Martin Valkyrie tengah mengikuti acara mendaki bukit tahunan yang digelar di Goodwood House, Sussex Barat, Inggris.

Tapi saat beraksi melintasi Goodwood Hill Climb, di luar rencana, mobil tersebut mengalami masalah teknis hingga mogok, dan berhenti di lintasan. Untungnya, hypercar itu masih bisa hidup, tidak melanjutkan balapan.

Chairman Aston Martin Lawrence Stroll menjelaskan bahwa suku cadang seharga US$ 6,89 atau sekitar Rp 99 ribuan itu terjadi kerusakan.

"Ada sedikit kerusakan kecil pada bagian kelistrikan, (suku cadang) US$ 6,89 terletak di antara baterai voltase rendah dan baterai voltase tinggi tiba-tiba tidak bekerja," kata Stroll.

Stroll mengatakan masalah ini belum pernah terjadi, bahkan saat melakukan uji coba. Ia menambahkan masalah ini tidak akan menghambat pengiriman Aston Martin Valkyrie yang dimulai pada September.

""Kami tidak pernah mengalami masalah itu dalam pengujian. [Kami] agak senang itu terjadi sekarang, kami belum pernah melihatnya sebelumnya, dan itu adalah sesuatu yang kami dapatkan dari sumber eksternal. Jadi kami memahaminya dan segera memperbaikinya," kata dia.

Hanya 150 unit Valkyrie yang sedang dibangun dan semuanya telah terjual. Model paling eksklusif ialah Valkyrie AMR Pro khusus track yang hanya diproduksi sebanyak 25 unit. Soal banderol, Valkyrie dijual mulai US$ 3,25 juta atau sekitar Rp 47 miliaran.

Mobil ini dicangkok mesin V12 6,5 liter natural aspirated, yang diproduksi di Cosworth. Mobil ini dikawinkan dengan sistem boost hybrid yang sudah diaplikasikan pada mobil F1.

Dengan bekal di atas, Aston Martin Valkyrie mampu menyemburkan 1.160 tenaga kuda. Hypercar ini bisa melesat dari titik 0 hingga 60 mph (96,5 km/jam) kurang dari tiga detik. Sementara kecepatan tertingginya lebih dari 200 mph atau 321 km/jam.



Simak Video "Cek Harga Mobil Mewah Bekas"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)