Artis-Pejabat RI Kepincut, Elon Musk Bocorkan Cara Buka Cybertruck Tanpa Gagang Pintu

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 19 Jul 2021 12:48 WIB
Tesla Cybertruck diperlihatkan di Amerika serikat.
Tesla Cybertruck Foto: Tesla
Jakarta -

Tesla Cybertruck merupakan mobil dengan desain unik alias berbeda dari mobil biasanya. Jika diperhatikan mobil pikap listrik besutan Elon Musk ini juga tidak memiliki handle door atau gagang pintu. Lalu gimana membukanya?

CEO Tesla, Elon Musk mengungkapkan Tesla Cybertruck tidak akan memiliki gagang pintu konvensional selayaknya pada mobil pada umumnya. Mobil pikap listrik ini akan mengenali pemilik, dan membuka pintu secara otomatis.

Teknologi ini disebut merupakan terobosan untuk menambah kenyamanan pengguna mobil listrik. Selain gagang pintu yang baru, Elon Musk juga menyebut desain Cybertruck tidak jauh berbeda dari pengenalan perdana pada 2019 lalu.

"Kami mempertahankan desain produksi yang hampir sama persis dengan mobil pameran. Hanya beberapa penyesuaian kecil di sana-sini untuk membuatnya sedikit lebih baik," cuit Elon Musk seperti dilihat detikcom, Senin (19/7/2021).

"Tidak ada pegangan pintu. Mobil mengenali Anda & membuka pintu," sambung Elon Musk.

Pertama kali meluncur, Cybertruck menggemparkan publik dengan desainnya. Selain itu Elon Musk meminta pemimpin desain Tesla, Frans von Holzhausen menghancurkan mobil dengan melempar bola logam ke bagian kaca. Tapi ternyata kaca mobil itu pecah juga, dan mengejutkan Elon Musk.

Kendati memiliki desain yang tak lazim, Cybertruck mendapatkan banyak pesanan. Sejak 2 tahun lalu, Tesla sudah mulai membuka keran pemesanan, kini angkanya mencapai 1 juta unit.

Angka 1 juta unit tentu bukan jumlah yang sedikit. Apalagi capaian tersebut didapat juga lantaran uang booking-nya yang hanya sekitar US$ 100 atau sekitar Rp 1,4 jutaan.

Tesla Cybertruck juga akan memasuki pasar Indonesia melalui importir umum Prestige Image Motorcars.

Menurut Rudy Salim, Presiden Direktur Prestige Motorcars sudah banyak peminat Tesla Cybertruck di Indonesia. Saat ini mobil listrik Tesla Cybertruck itu sudah bisa dipesan. Estimasi pengiriman Tesla Cybertruck ke konsumen pada 2022 atau 2023.

Tesla Cybertruck dalam versi Dummy di IIMS 2021Tesla Cybertruck dalam versi Dummy di IIMS 2021 Foto: Luthfi Anshori/detikcom

Ketua MPR RI Bamsoet jadi salah satu konsumen yang terang-terangan memesan mobil dengan bentuk unik alias berbeda dari pikap truk kebanyakan ini. Selain Bamsoet, Rudy juga menyebut peminat Tesla Cybertruck kebanyakan dari kalangan pengusaha dan artis, salah satunya Wakil Ketua Komisi III DPR RI yang juga seorang pengusaha dan menjabat Sekjen IMI, Ahmad Sahroni, juga berminat dengan Tesla Cybertruck ini.

"Ada Pak Ahmad Sahroni juga. Sama beberapa customer. Kebanyakan pengusaha dan artis," ucap Rudy beberapa waktu yang lalu.

Tesla Cybertruck di Indonesia akan ditawarkan dalam 3 model, dengan 3 pilihan motor listrik.

"Cybertruck di Indonesia akan hadir dalam 3 pilihan, single motor, dual motor, dan three motor. Dengan jarak untuk single motor 400 km, dual motor 482 km, dan Tri Motor 800 km. Jadi kalau ada jalanan lurus dari Jakarta ke Singapura kita pakai three motor bisa," kata Rudy Salim.

Untuk versi dual motor akselerasi 0-96 km/jam kurang dari 4,5 detik dengan daya jangkau 482 km. Sementara tipe terendahnya dengan single motor RWD akselerasi 0-96 km/jam tercatat kurang dari 6,5 detik. dengan daya jangkau 402 km.

Di dalam kabin, Tesla Cybertruck bisa mengangkut enam orang dengan nyaman, depan tiga orang termasuk sopir dan belakang tiga orang penumpang. Ditambah ada ruang penyimpanan di bawah jok baris kedua.

Tesla Cybertruck versi Tri Motor, misalnya, bisa berakselerasi dari 0-96 km;jam dalam 2,9 detik. Sekali isi baterai sampai penuh, mobil listrik ini bisa menempuh jarak hingga 500 mil atau 800 km.

Untuk membawa barang-barang, Tesla Cybertruck memiliki volume bak sebesar 2.831 liter dengan daya angkut hingga 3.500 pound (1.587 kg). Tesla Cybertruck juga dibekali kemampuan towing maksimal 14.000 pound (6.350 kg).

Soal harga, Rudy belum memastikan. Namun ia memberikan perkiraan harga Tesla Cybertruck di Indonesia.

"Estimasi harganya, paling di bawah Rp 2 miliar on the road Jakarta. Tapi pastinya nggak tahu," katanya.



Simak Video "Mobil Listrik Murah dari Wuling Laku Keras di China, Hajar Penjualan Tesla"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)