Pandemi Mengganas, Dealer Mobil Tua Bekas Justru Laku Keras

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Rabu, 07 Jul 2021 21:36 WIB
Dealer mobil bekas Marno Jaya Motor fokus menjual mobil tua bekas
Stok mobil tua bekas yang sedang dijual di Marno Jaya Motor pada Selasa (6/7/21) Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
Jakarta -

Sudah lebih dari satu tahun masyarakat Indonesia hidup berdampingan dengan pandemi COVID-19. Beragam sektor ekonomi tumbang. Namun tidak dengan penjual mobil tua bekas.

Salah satu dealer mobil tua bekas yang berlokasi di bilangan Jakarta Selatan mengaku penjualan mobil tua bekasnya tidak anjlok sejak pandemi, bahkan cenderung laku keras.

"Alhamdulillah sebulan kita bisa keluar mobil 30 unit dan mayoritas mobil tua bekas. Bahkan bulan lalu, alhamdulillah tembus 35 unit," papar H. Sumarno, pemilik dari Marno Jaya Motor (MJM) pada detikOto, Selasa (6/7).

Sumarno mengatakan pasar mobil tua bekas ini, cenderung unik. Karena mereka yang membeli mobil tua bekas, biasanya memang sudah menabung dan merencanakan dari jauh-jauh hari.

"Kalau orang udah berencana beli mobil, ya apapun yang terjadi, kalau uangnya udah terkumpul dia pasti beli. Itu enaknya jual mobil tua bekas ini," papar pria yang akrab disapa 'Pak Haji' ini.

Namun dirinya tidak memungkiri bahwa pasar penjualan mobil bekas lain sedang goyang karena pandemi ini.

"Kita tidak bisa pungkiri, banyak penjual lain yang terdampak parah karena pandemi ini. Bahkan banyak leasing atau pembiayaan juga yang akhirnya sulit," ujar Pak Haji.

Menurutnya, dealer mobil bekasnya ini sangat beruntung karena mulai dikenal banyak orang lewat promosinya via media sosial.

"Kami ada Youtube dan semua update di situ mobil apa yang lagi ada dan apa yang keluar. Jadi orang makin percaya dan juga jadi keliatan stoknya. Makanya pembeli kami bisa dibilang seluruh Indonesia," ujar Pak Haji.

Pak Haji mengatakan bahwa tidak sedikit dari pembeli mobil bekas harga Rp 20 sampai Rp 30 Jutaan, adalah orang awam yang bahkan tidak mengerti tentang mobil.

"Tantangannya ya kami harus mengajarkan. Biasanya paling sering, mematikan mobil nggak sampai full. Jadi aki mobil soak, nanti tengah malam telpon mobil rusak," paparnya.

"Ya jadinya kita juga jualan harus mobil bekas yang bagus. Supaya nggak ada masalah. Kita cari berkahnya aja, kalau orang nggak sreg mau reimburse ya silakan aja, bawa lagi ke kita," papar Pak Haji.

Saat ini, dealer mobil bekas Marno Jaya Motor sedang banyak menjual mobil bekas harga Rp 20 Jutaan hingga Rp 30 Jutaan.

Dari pantauan detikOto per awal Juli ini, dealer yang berlokasi di Jalan Raya Tanjung Barat Lama No. 148 Jakarta Selatan ini sedang banyak menjual Toyota Kijang bekas.



Simak Video "Diskon PPnBM Diperpanjang, Pedagang Mobil Bekas Menjerit"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/lth)