Honda HR-V dan BR-V Disematkan Kamera 360 di Malaysia

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Rabu, 23 Jun 2021 13:56 WIB
Honda Hr-V Urban Casual Style
Honda Hr-V Urban Casual Style (dok.Honda)
Jakarta -

Jajaran Honda HR-V dan Honda BR-V di Malaysia mendapat sematan kamera 360. Fitur ini akan mempermudah pengendara saat parkir dengan menampilkan sudut pandang yang lebih luas.

Dilansir dari Paultan, Honda Malaysia membawa aksesoris kamera khusus bernama Honda Recommended Advanced 360 HD Camera. Namun fitur tersebut baru tersedia khusus untuk model keluaran terbaru Honda HR-V dan BR-V saja.

Honda memasang empat kamera kualitas HD pada mobil HR-V dan BR-V yang terletak di kaca spion kanan dan kiri, bagian depan yang terletak di grill,serta di bagian belakang yang tepat di atas pelat nomor kendaraan.

Kamera tersebut terhubung langsung dengan layar di dalam mobil dengan menampilkan dua sisi sudut pandang. Pertama, kamera akan menampilkan sisi dari atas mobil yang disebut Honda sebagai Birds Eye View Monitoring. Sudut pandang ini membantu pengemudi untuk parkir sejajar dengan garis serta terhindar dari titik blind spot.

Kemudian pada sisi kedua menampilkan sudut belakang dari mobil. Sudut ini sangat membantu pengemudi untuk melihat kondisi di belakang ketika parkir mundur guna meminimalisir risiko menabrak benda atau mobil di sebelah.

Tidak cuma digunakan saat parkir, pengemudi juga bisa mengaktifkan fitur tersebut saat bergerak di jalan raya. Fungsinya agar lebih mudah untuk melihat kondisi di sekitar seperti melihat tinggi rendahnya trotoar atau rintangan lain di depan yang tak terlihat pengemudi.

[Gambas:Youtube]



Soal hadirnya kamera, sejumlah tipe mobil Honda yang dijual di Indonesia mulai dari Honda BR-V, HR-V hingga CR-V juga sudah dilengkapi dengan kamera. Namun sayang, untuk saat ini baru ada kamera di bagian belakang saja. Artinya, kamera tersebut berfungsi saat pengemudi memindahkan gigi ke R atau Reverse ketika mundur.

Bagi calon konsumen yang ingin memasang aksesoris tersebut, Honda Malaysia memberikan biaya tambahan sebesar RM 3.300 atau sekitar Rp 11 jutaan. Honda memastikan seluruh varian HR-V keluaran mulai tahun 2019 bisa merasakan fitur ini, namun untuk BR-V hanya varian V saja yang bisa mendapatkannya.



Simak Video "Kesan Pertama All New BR-V"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)