Bamsoet: Pekerja Bengkel & Penggiat Otomotif Alami Dampak Pandemi

Angga Laraspati - detikOto
Minggu, 20 Jun 2021 22:51 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo
Foto: MPR
Jakarta -

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan pandemi COVID-19 telah menimbulkan dampak yang sangat memprihatinkan untuk semua sektor kehidupan. Menurutnya, tak hanya kesehatan dan ekonomi, namun juga sektor otomotif yang ikut merasakan dampak dari COVID-19 yang sudah setahun lebih melanda dunia.

Menurut Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini pandemi membuat hampir setahun ke belakang kegiatan yang dibuat oleh IMI tertunda atau dibatalkan.

"Kita tidak bisa melakukan apa-apa, karena ada pembatasan kegiatan termasuk kegiatan otomotif," kata Bamsoet dalam keterangannya, Minggu (20/6/2021).

Dalam kegiatan Automotive Appreciation Night, Ketua DPR ke-20 ini menerangkan pembatasan dalam kegiatan otomotif juga membawa banyak dampak kepada prestasi dan industri turunannya.

"Termasuk UMKM, pekerja bengkel dan penggiat dunia otomotif pun juga mengalami dampak dari pandemi," imbuhnya.

Meski demikian Bamsoet mengajak untuk tidak pesimis sebab pemerintah telah melakukan berbagai langkah yang dikatakan sangat luar biasa dalam memerangi COVID-19. Ia juga berharap akhir tahun hingga tahun depan masyarakat sudah divaksin sesuai dengan target pemerintah.

"Sehingga terbentuk herd immunity. Bila sudah terbentuk kekebalan massal maka IMI bisa melakukan kegiatan sebagaimana mestinya," tutur Bamsoet.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan IMI juga akan terus berupaya kuat untuk melakukan kegiatan di tengah keterbatasan yang ada. Terpenting adalah bagaimana memberikan optimisme bagi masyarakat otomotif untuk terus bergerak.

Seperti pada acara Automotive Appreciation Night, IMI memberikan apresiasi kepada para tokoh dan penggiat otomotif yang telah membawa nama Indonesia dalam dunia otomotif baik di kancah nasional maupun internasional.

"Malam ini kita juga akan meluncurkan IMI TV. TV yang dikelola oleh IMI akan menyiarkan berbagai kegiatan IMI di mana saja," ucapnya.

Sebagai puncak acara, Bamsoet dan undangan lainnya menyaksikan film karya anak muda bangsa yang menceritakan tentang dunia otomotif.

"Mudah-mudahan dalam kegiatan ini memberikan inspirasi dan motivasi kepada anak-anak muda lainnya untuk berkiprah dalam dunia otomotif," katanya.



Simak Video "Harmoko: 14 Tahun Jadi Menteri Penerangan hingga Ketua MPR Era BJ Habibie"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)