Mobil 1.500cc ke Bawah Tak Pantas Disebut Barang Mewah Lagi?

M Luthfi Andika - detikOto
Minggu, 20 Jun 2021 15:20 WIB
Jakarta -

Ekonom Faisal Basri pada program The Rooftalk mengatakan mobil 1.500cc di Indonesia sudah tidak pantas disebut sebagai barang mewah. Sehingga pantas rasanya jika pajak barang mewah atau yang biasa disebut Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) diberi diskon. Wah detiksers setuju tidak nih?

"Menurut saya justru sudah tidak zamannya lagi mobil di bawah 1500cc dianggap barang mewah, bukan dihapuskan cuma ditanggung pemerintah gitu, tapi dihapuskan selamanya ini untuk melihat future-nya, masa disebut barang mewah," kata Faisal Basri dalam program The Rooftalk.

"Menurut saya pantas-pantas saja industri otomotif mendapat sedikit insentif, dan ini saya duga tidak akan efektif, karena industri otomotif itu terkait mobilitas. Sepanjang pandemi apa pun tidak akan nendang..." Faisal Basri menambahkan.

Kementerian Keuangan Republik Indonesia pun memberi tanggapannya, seperti yang disampaikan Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat DJP Kemenkeu, Neilmaldrin Noor kepada detikOto.

"Perlu dilakukan kajian dulu," jawab singkat Neilmaldrin.

Sebagai catatan pemerintah memunculkan wacana memperpanjang diskon PPnBM 100%. Semula, diskon PPnBM 100% berlaku sampai Mei 2021. Tapi, menurut Kementerian Perindustrian (Kemenperin) diskon PPnBM 100% akan diperpanjang sampai Agustus 2021.

"Kementerian Keuangan sudah senada dengan kami, bahwa PPnBM DTP dapat diperpanjang. Hal ini sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo, diperlukan terobosan untuk tetap menciptakan iklim usaha yang kondusif di tengah kondisi pandemi. Ini bertujuan membangkitkan kembali gairah usaha di tanah air, khususnya sektor industri, yang selama ini konsisten berkontribusi signifikan bagi perekonomian nasional," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita lewat keterangannya di Jakarta, Minggu (13/6/2021) lalu.

Pemerintah akan melakukan perpanjangan fasilitas diskon PPnBM 100 persen untuk penjualan mobil 4x2 di bawah 1.500 cc hingga bulan Agustus 2021. Selanjutnya, periode untuk diskon PPnBM DTP 50 persen diperpanjang menjadi bulan Desember 2021.

(lth/rgr)