Cuma buat Servis, Mercy Bekas Paris Hilton Telan Biaya Setengah Miliar

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Selasa, 08 Jun 2021 08:45 WIB
Jakarta -

Selebritas ternama Paris Hilton pernah memiliki sebuah mobil Mercedes-Benz SLR McLaren yang mahal. Namun setelah tak dipakai dan kemudian dijual, ternyata biaya servisnya hampir setengah miliar rupiah.

Pada tahun 2006, Paris Hilton membeli satu unit SLR McLaren yang saat itu harganya ditaksir sebesar Rp 6,6 miliar. Setelah beberapa tahun dipakai, mobil bertipe coupe ini kemudian dijual oleh Paris dan muncul pada sebuah situs lelang.

Dikutip dari Motor1, mobil ini laku terjual dengan harga sekitar Rp 2,5 miliar yang dibeli atas nama Ed Bolian. Kemudian dirinya melakukan sejumlah perbaikan pada mobil bekas Paris Hilton tersebut, Bolian pun terkejut karena menghabiskan biaya hampir Rp 500 juta.

Memang dalam merawat sebuah mobil sport mewah akan menelan biaya yang tak sedikit, ditambah sejumlah komponen mobil yang punya harga mahal. Selain itu mesin V8 Supercharged pada SLR McLaren butuh perhatian khusus agar tetap optimal saat digeber.

Dalam video Youtube yang diunggah oleh Hoovies Garage, Ed Bolian membagikan ceritanya saat memperbaiki SLR McLaren yang juga pernah ditumpangi Britney Spears. Dia menyebut, terdapat sejumlah komponen yang perlu diganti dengan yang baru.

Seperti pompa power steering yang menelan biaya mencapai US$ 2.220, steering rack seharga US$ 6.270 hingga velg mobil Mercedes bekas yang mencapai US$ 1.899 untuk menggantikan yang telah penyok.

Tak hanya itu, ada sejumlah komponen lain meliputi baterai aftermarket yang diganti dengan OEM dan menelan kocek sebesar US$ 1.350. Peranti lainnya seperti strut pintu terbaru yang menelan biaya hingga US$ 5.000, dudukan saluran rem dengan harga US$1.350, sensor tekanan ban seharga US$ 1.700 serta saluran pendingin kaliper rem dengan harga US$ 1.250.

Ada juga pembersih kaca wiper dengan harga sebesar US$ 105, nozzle pembersih mencapai US$ 500 dan drain plug gasket seharga US$ 850. Bahkan setelah melakukan pengecekan ulang di bengkel, masih ditemukan komponen yang harus diganti karena sudah aus seperti baut roda.

Setelah melakukan perbaikan hingga selesai, total biaya yang harus dikeluarkan Ed Bolian mencapai US$ 34.565 atau mencapai Rp 492 juta. Biaya ini sudah termasuk pajak yang harus dibayar.

Dengan biaya tersebut, Ed Bolian sejatinya bisa membeli sebuah sedan A-Class terbaru dari Mercedes-Benz. Jika mematok harga jual di pasar Amerika Serikat, satu unit Mercedes A-Class versi standar mencapai US$ 37 ribu atau sekitar Rp 527 juta. Dirinya hanya perlu menambah sekitar US$ 3 ribu dan tanpa perlu repot memperbaiki mobil lagi.

(rgr/din)