Avanza Masih Jadi Raja di Kelas Low MPV, Xpander Kedua

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 13 Mei 2021 09:38 WIB
Harga mobil LCGC atau mobil murah bakal naik karena kena pajak 3%. Meski tak signifikan harga mobil LCGC akan semakin nyerempet dengan Low MPV.
Toyota Avanza masih merajai kelas Low MPV. di Indonesia (Dok)
Jakarta -

Segmen low MPV masih menjanjikan mengingat kapasitasnya yang bisa memuat sampai 7 orang penumpang. Selama April 2021, penjualan low MPV pun masih menjanjikan. Apalagi, mayoritas low MPV yang dijual di Indonesia sudah diproduksi di Indonesia dan mendapatkan diskon PPnBM. Toyota Avanza masih jadi raja

Seperti diketahui, Pemerintah memberikan relaksasi PPnBM (pajak penjualan atas barang mewah) untuk mobil baru. Mobil di kelas 4x2 bermesin 1.500 cc ke bawah mendapat diskon PPnBM sampai 100%. Mobil yang dapat diskon PPnBM 100% itu salah satunya adalah mobil di kelas low MPV.

Lantas, mobil low MPV apa yang paling laris?

Di segmen low MPV ini, Toyota Avanza masih berkuasa. MPV berjuluk mobil sejuta umat itu mencatat penjualan paling banyak di kelas low MPV. Berdasarkan data wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) yang dicatat Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota Avanza terjual sebanyak 5.385 unit pada April 2021.

Di posisi kedua adalah Mitsubishi Xpander yang terus menempel Avanza. Tanpa Xpander Cross yang masuk ke segmen low SUV, Mitsubishi Xpander yang bermain di segmen low MPV terjual sebanyak 3.902 unit.

Kemudian Suzuki Ertiga di bawah Xpander. Low MPV andalan Suzuki tersebut mencatat penjualan wholesales sebanyak 1.694 unit, yang sekaligus menjadi low MPV terlaris ketiga di bawah Avanza dan Xpander.

Selanjutnya di posisi keempat adalah mobil China, Wuling Confero. Pada April 2021, Wuling Confero sukses mengalahkan dua low MPV dari Jepang. Wuling Confero menempati posisi keempat dengan penjualan sebanyak 1.183 unit.

Lalu di urutan kelima low MPV terlaris adalah Daihatsu Xenia. Kembaran Toyota Avanza itu mencatat penjualan sebanyak 721 unit.

Terakhir adalah Honda Mobilio. Low MPV andalan Honda itu terjual sebanyak 357 unit.

Berikut data penjualan wholesales low MPV April 2021:

1. Toyota Avanza: 5.385 unit
2. Mitsubishi Xpander: 3.902 unit
3. Suzuki Ertiga: 1.694 unit
4. Wuling Confero: 1.183 unit
5. Daihatsu Xenia: 721 unit
6. Honda Mobilio: 357 unit.



Simak Video "Spesial! Xpander Rockford Fosgate"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)