Toyota Raize Dapat Fitur Safety Canggih, Rush dan Innova Nggak Iri Nih?

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 04 Mei 2021 09:31 WIB
Toyota Raize
Toyota Raize. Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

Dengan harga termahal di angka Rp 265,9 juta, Toyota Raize dibekali banyak fitur safety canggih yang terangkum dalam paket TSS (Toyota Safety Sense). Padahal 'kakak-kakaknya' yang berharga lebih mahal seperti Rush dan Innova saja belum memiliki fitur TSS tersebut. Iri nggak tuh?

Toyota Raize resmi diperkenalkan di Indonesia. Versi tertinggi mobil compact SUV ini dinamakan GR Sport, yang membawa tampilan lebih sporty disertai penambahan fitur keselamatan TSS yang biasanya terdapat di mobil-mobil mewah seperti Toyota Camry dan Corolla Altis.

TSS terdiri dari beberapa fitur keselamatan dan bantuan pengemudi, seperti fitur Pre-Collision System, Adaptive Cruise Control, Lane Departure Alert with Steering Control, Rear Cross Traffic Allert dan Blind Spot Monitor, serta Pedal Missoperation Control.

Toyota RaizeFitur Blind Spot Monitor di Toyota Raize Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan jika Toyota perlu melakukan sosialisasi yang masif kepada konsumen untuk menjelaskan manfaat dari fitur-fitur safety canggih TSS.

"Memang kalau kita bicara safety feature perlu sosialisasi yang masif. Ini sebenarnya mirip dengan kita sosialisasi masalah elektrifikasi. Jadi nggak hanya TSS (Toyota Safety Sense), tapi banyak fitur-fitur safety yang kadang kustomer ini belum terlalu mengerti, bahkan seperti airbag atau TSC, kemudian Hill Start Assist, jadi pertama tugas kami salah satunya dengan memperkenalkan produk baru ini adalah memberikan edukasi. Dan sekaligus men-challenge ya, dengan harga seperti ini kira-kira penerimaannya seperti apa," kata kata Anton, di sela-sela acara Journalist Driving Experience All New Toyota Raize, Jakarta-Tangerang, Senin (3/5/2021) malam.

Lanjut Anton menjelaskan, Toyota akan melihat lebih terlebih dahulu seperti apa penerimaan pasar Indonesia dan pemahaman kustomer terhadap fitur-fitur TSS ini. "Karena development untuk fitur TSS ini nggak gampang, karena kondisi jalan di setiap negara berbeda-beda dan di Indonesia juga berbeda-beda kondisinya, seperti kondisi infrastruktur, kondisi jalan tol, kondisi lalu lintas. Jadi perlu waktu juga untuk kita mengadopsi spek ini terhadap produk-produk yang lain," jelas Anton.

Apakah fitur-fitur di TSS juga akan diadopsi pada model-model Toyota lainnya seperti Innova maupun Rush? Anton menegaska, hal itu bisa dilakukan, tergantung permintaan pasar.

"Kita juga berharap animo dari masyarakat atau respons masyarakat pun kira-kira seperti apa. Apakah kustomer lebih prefer bahwa TSS ini menjadi suatu hal yang wajib atau menjadi suatu hal yang masih opsional. Nah ini kami masih mengukur-ngukurlah, kira-kira pengembangannya ke depan seperti apa. Tapi kalau ditanya, ke depannya fitur TSS akan dikembangkan ke produk-produk yang lain, terus terang iya. Kami memikirkan hal itu," tukasnya.



Simak Video "Diskon PPnBM, Toyota Raize Bisa Dicicil Rp 3 Jutaan Per Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)