Bocoran Fitur Canggih Toyota Raize yang Biasanya Ada di Mobil Mahal

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 29 Apr 2021 13:37 WIB
Toyota Raize
Toyota Raize. Foto: Dok. TAM
Jakarta -

Toyota Raize akan diluncurkan ke pasaran besok, Jumat (30/4/2021). Kemarin, Toyota dan Daihatsu sudah resmi memperkenalkan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky ke publik. Tapi, belum ada informasi detail mengenai kedua mobil tersebut.

Meski begitu, bocoran spesifikasi dan kelengkapan fitur Toyota Raize sudah muncul. Salah satu tenaga penjual Toyota di Jakarta menyebutkan, ada beberapa fitur canggih Toyota Raize yang biasanya ada di mobil-mobil mewah. Apa saja?

Yang pertama ada Rear Cross Traffic Alert. Fitur ini untuk mendeteksi adanya kendaraan yang mendekat di belakang ketika Toyota Raize tengah mundur keluar dari area parkir. Ditambah lagi ada Blind Spot Monitor yang mengidentifikasi setiap objek di area blind spot mobil menggunakan radar. Kedua fitur ini ada di Raize tipe 1.0 Turbo GR Sport TSS. Selain itu, khusus tipe 1.0T GR Sport TSS dibekali enam buah airbag di sisi pengemudi, penumpang depan, bagian samping dan airbag tirai.

Semua tipe Toyota Raize akan dilengkapi Vehicle Stability Control (VSC) yang mempertahankan stabilitas kendaraan ketika mobil berbelok tajam untuk mencegah over steering atau under steering. Juga untuk semua tipe Toyota Raize ada Hill Start Assist yang mencegah mobil mundur saat berhenti di tanjakan.

Toyota RaizeToyota Raize Foto: Toyota Motor Corporation

Toyota juga menyematkan fitur Toyota Safety Sense (TSS) untuk Raize tipe 1.0T GR Sport TSS. Ada lima fitur dalam sistem TSS yang tersemat di Toyota Raize. Yang pertama ada Lane Departure Assist with Steering Control. Sistem itu untuk membantu pengemudi dalam menghindari mobil keluar lajur yang tidak diinginkan, dengan peringatan visual dan suara serta bantuan kemudi.

Yang kedua ada Pedal Misoperation Control. Sistem ini untuk mencegah tabrakan depan ketika parkir saat pengemudi salah menginjak pedal gas yang seharusnya menginjak rem.

Ketiga ada ada Pre-Colission System. Fitur ini mengintegrasikan kamera dan radar untuk membantu mengurangi risiko kecelakaan dan kerusakan kendaraan dari tabrakan depan.

Selanjutnya adalah Adaptive Cruise Control yang juga biasanya ada di mobil-mobil mewah. Berbeda dengan cruise control biasa yang hanya menentukan kecepatan tertentu, Adaptive Cruise Control akan mengikuti dan menjaga jarak dengan kendaraan di depan tanpa harus menginjak pedal gas atau rem.

Terakhir adalah Front Departur Alert. Ini memberikan peringatan berupa suara ketika mobil mendekati kendaraan lain yang bergerakk di lalu lintas.

Toyota memang belum mengumumkan harga resmi Toyota Raize. Saat peluncurannya besok harga resmi Raize baru akan dirilis. Namun, berdasarkan bocoran informasi yang kami terima, Toyota Raize tipe tertinggi yang sudah lengkap fitur-fiturnya ini akan dibanderol Rp 260 jutaan.



Simak Video "Diskon PPnBM, Toyota Raize Bisa Dicicil Rp 3 Jutaan Per Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)