Ada Raize-Rocky, Mobil Kembar Toyota-Daihatsu Bertambah Lagi

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 28 Apr 2021 21:27 WIB
Toyota Raize dan Daihatsu Rocky
TAMToyota Raize dan Daihatsu Rocky. Foto: Dok.
Jakarta -

Kolaborasi Toyota dan Daihatsu bertambah lagi. Kini, Toyota dan Daihatsu mengumumkan mobil kembar kelima yang menjadi produk kolaborasinya. Mereka adalah Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Kolaborasi Toyota dan Daihatsu di Indonesia telah berlangsung hampir dua dasawarsa yaitu sejak 2003. Keduanya menjalin kerja sama memproduksi mobil di dalam negeri.

Semua mobil hasil kolaborasi Toyota dan Daihatsu diproduksi di dalam negeri. Bahkan, produk tertentu sudah memiliki komponen lokal hingga 95%.

Pada 2003, Toyota dan Daihatsu meluncurkan si kembar pertamanya, Avanza-Xenia. Hal itu dilanjutkan dengan Rush-Terios pada 2006, Agya-Ayla pada 2012 dan Calya-Sigra pada 2016. Dan tahun ini, pada 2021 Toyota, Daihatsu dan Astra mengumumkan hasil mobil kolaborasi yang kelima, yaitu Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

"Hari ini kolaborasi antara Astra, Toyota dan Daihatsu yang telah berjalan hampir 2 dekade kembali diperkuat dengan peluncuran produk kolaborasi Toyota-Daihatsu terbaru. Avanza-Xenia di tahun 2004, diikuti Toyota Rush dan Daihatsu Terios, Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla, serta Astra Toyota Calya dan Astra Daihatsu Sigra. Kami berharap produk ini memberikan semakin banyak pilihan bagi masyarakat Indonesia sebagai solusi mobilitas berkualitas," kata Presiden Direktur PT Astra International Tbk Djony Bunarto Tjondro dalam konferensi pers secara virtual yang ditayangkan langsung melalui kanal YouTube ToyotaIndonesia dan Daihatsu Sahabatku, Rabu (28/4/2021).

Disebutkan, kolaborasi yang terjalin selama ini telah memberikan dampak positif pada pertumbuhan industri otomotif Indonesia antara lain menciptakan lapangan kerja baru, berbagi teknologi, pemanfaatan kandungan lokal, serta menyediakan produk yang tidak hanya sesuai untuk kebutuhan pasar dalam negeri tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan ekspor.

"Astra berharap produk kolaborasi baru ini akan memberikan semakin banyak pilihan bagi konsumen di Indonesia sebagai solusi mobilitas berkualitas yang merupakan hasil semangat bersama Astra, Toyota, dan Daihatsu," kata Djony.

Seperti empat mobil kembar hasil kolaborasi Toyota-Daihatsu lainnya, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky akan diproduksi di pabrik PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Mobil ini juga dikembangkan dengan memanfaatkan pusat R&D PT Astra Daihatsu Motor yang terbesar di Indonesia.

"Daihatsu Rocky akan diproduksi di pabrik PT Astra Daihatsu Motor dan akan tersedia di outlet Daihatsu mulai tanggal 30 April. Ini adalah komitmen kami untuk membuat Daihatsu menjadi brand yang paling dekat dengan pelanggan Indonesia," kata President of Daihatsu Motor Company, Soichiro Okudaira.



Simak Video "Diskon PPnBM, Toyota Raize Bisa Dicicil Rp 3 Jutaan Per Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)