BMW Berharap Mobil Listrik Bisa Parkir dan Masuk Tol Gratis

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 23 Apr 2021 03:56 WIB
BMW i3 Urban Suite
Mobil listrik BMW i3 (Dok. BMW)
Jakarta -

Indonesia saat ini tengah menuju era elektrifikasi. Mobil listrik salah satunya diharap bisa diakselerasi dengan sejumlah insentif. BMW berharap mobil listrik bisa dapat parkir gratis dan juga masuk tol tanpa biaya.

Di beberapa negara, mobil listrik mendapatkan dukungan dari pemerintah berupa keringanan pajak. BMW juga berharap hal yang sama.

Namun, Director of Communications BMW Group Indonesia Jodie O'tania, mengatakan tak hanya insentif berupa keringanan pajak yang diperlukan. Namun juga beberapa insentif yang bukan dalam bentuk uang (non-monetary incentives) juga diperlukan.

"Sebuah kendaraan dengan terobosan baru dan harusnya ada insentif di sana karena kita mendorong penggunaan energi yang terbarukan," ujar Jodie saat ditemui di Kemayoran, Jakarta, Kamis (22/4/2021).

Misalnya, lanjut dia, guna mendorong penggunaan mobil listrik bisa diberikan insentif non fiskal dari parkir hingga stasiun pengisian daya tanpa dikenakan biaya.

"Insentifnya macam-macam bisa ada non monetary, monetary, jadi ada manfaat lain, misalnya parkir gratis atau masuk tol gratis, kemudian charging station nanti di mana-mana bebas biaya," jelas Jodie.

BMW Indonesia merupakan salah satu agen pemegang merek mobil pertama yang memulai elektrifikasi di Indonesia. BMW i8 diperkenalkan pertama pada 2014 lewat importir umum dan tahun 2016 mulai dijual juga oleh BMW Group Indonesia.

Sejak saat itu hingga tahun 2019, BMW selalu mendatangkan setiap upgrade dari BMW i8. Tidak hanya itu BMW juga mendatangkan mobil full listrik, BMW i3 di akhir tahun 2019.

Untuk tahun ini, BMW Indonesia rencananya menghadirkan mobil listrik jenis plug-in hybrid dari model 3 Series. Tahun depan, pabrikan asal Jerman ini akan menambah jumlah BMW yang full listrik lewat tiga model yakni i4, iX, dan MINI Electric.



Simak Video "Rencana Mobil Listrik Xiaomi Terbongkar, Disebut Gandeng Perusahaan Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)