Corolla Cross Hybrid Impor dari Thailand, Sandiaga Uno: Kapan Produksi di RI?

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 20 Apr 2021 08:22 WIB
Corolla Cross Hybrid
Toyota Corolla Cross Hybrid di IIMS 2021 Foto: Ridwan Arifin
Jakarta -

Toyota Corolla Cross Hybrid meluncur di Indonesia sejak 2020 lalu. Mobil yang diimpor utuh dari Thailand itu kini mencuri perhatian usai dibeli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Ya, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu membeli Corolla Cross Hybrid dalam gelaran Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) Hybrid 2021. Toyota jadi salah satu booth yang dikunjungi bersama putra bungsunya, Sulaiman.

Saat berkunjung ke booth Toyota, Sandiaga Uno juga sempat berbincang dengan dengan Vice President Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto dan Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy.

"Kira-kira berapa lama kita bisa punya produksi yang sama?" tanya Sandiaga Uno di IIMS Hybrid, Kemayoran, Jakarta.

"Kita memang tahun depan rencana ingin produksi di Indonesia," jawab Anton Jimmi.

"Produk yang kita dijual di Indonesia sudah 92 persen produksi dalam negeri. Jadi kita memang masih ada sekitar 8 persen yang impor, tapi pelan-pelan kita akan nambahin terus," tambah Henry Tanoto.

Corolla Cross HybridCorolla Cross Hybrid Foto: Ridwan Arifin

Toyota diketahui sudah berkomitmen untuk memproduksi kendaraan ramah lingkungan di Tanah Air. Sementara untuk model mobilnya masih belum diungkap dengan pasti. Salah satu kabar yang berhembus, mobil-mobil yang bakal di-hybrid-kan ialah varian yang sudah dijual di Indonesia.

Seperti yang disampaikan Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam beberapa waktu yang lalu.

"Apakah TMMIN ada progress, mobil yang ada di pabrik TMMIN akan diproduksi menjadi Hybrid? Kalau ada progress, mobil-mobil apa saja yang bisa dijadikan mobil hybrid? Ini dilihat saja model apa saja yang paling mungkin di-hybrid-kan (bisa menjadi Avanza Hybrid atau Kijang Innova Hybrid). Mudah-mudahan ini menjadi hadiah ulang tahun, tapi lihat saja tahun depan," kata Bob.

"Saya sampaikan tahun depan kita mulai meluncurkan produksi-produksi dalam negeri yang berteknologi hybrid dari model yang sudah ada, nanti ya kita lihat," ungkap Bob.



Simak Video "Mantap! Road Trip Jakarta-Bali with Corolla Cross Hybrid"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)