Punya 'Kulkas', Ini Mobil Pembawa Vaksin COVID-19

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 31 Mar 2021 16:08 WIB
Mobil Pembawa Vaksin COVID-19
Mobil pembawa vaksin. Foto: Dok. Toyota
Tokyo -

Toyota telah merilis mobil pembawa vaksin pertama di dunia yang mendapatkan prakualifikasi dari WHO. Mobil pembawa vaksin COVID-19 itu dibekali dengan sistem pendingin, semacam kulkas.

Mobil ini merupakan solusi transportasi vaksin yang didinginkan dan berkontribusi untuk meningkatkan laju penggunaan vaksin di negara berkembang. Mobil pembawa vaksin dikembangkan oleh Toyota Tsusho Corporation, Toyota Motor Corporation dan B Medical Systems.

Toyota melaporkan, mobil dengan lemari es khusus untuk mengangkut vaksin pada suhu yang sesuai ini telah memperoleh prakualifikasi Kinerja, Kualitas, dan Keamanan (PQS) yang ditetapkan WHO. Ini diklaim sebagai kendaraan yang memiliki kulkas pertama di dunia yang telah memperoleh prakualifikasi PQS.

Latar belakangnya, vaksin biasanya perlu disimpan pada suhu 2 sampai 8°C, dan tidak dapat digunakan jika tidak disimpan di suhu yang tepat.

Mobil Pembawa Vaksin COVID-19Mobil Pembawa Vaksin COVID-19 dilengkapi kulkas. Foto: Dok. Toyota

PQS sendiri adalah sistem kualifikasi alat dan peralatan medis oleh WHO yang didirikan untuk mempromosikan pengembangan alat dan peralatan medis yang dapat diterapkan untuk pengadaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) serta untuk menetapkan standar kualitas. Alat dan peralatan medis yang telah memperoleh prakualifikasi PQS juga memenuhi standar pemilihan peralatan dari lembaga yang terkait dengan PBB dan LSM terkemuka serta organisasi amal.

Inisiatif ini berkontribusi pada penggunaan vaksin yang efektif, mengatasi masalah sosial di negara berkembang. Selain itu, kendaraan berpendingin untuk vaksin ini sekarang dapat digunakan di bawah kerangka kerja internasional COVAX, yang berupaya mendistribusikan vaksin COVID-19 secara adil ke negara-negara berkembang. Mobil ini juga bisa digunakan sebagai alat transportasi vaksin COVID-19.

Mobil ini didasarkan dari Toyota Land Cruiser 78 yang dilengkapi dengan lemari es vaksin CF850 B Medical Systems. Kulkas memiliki kapasitas penyimpanan 396 liter, atau 400 paket vaksin. Dengan baterai independennya, lemari es dapat dioperasikan selama kurang lebih 16 jam tanpa catu daya. Kulkas dapat diisi daya oleh kendaraan saat berjalan dan sumber listrik eksternal saat diparkir.



Simak Video "Berlin Tangguhkan Vaksin AstraZeneca Bagi Usia di Bawah 60 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)