Ngecas Mobil Listrik Kini Bisa di SPBU

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Minggu, 28 Mar 2021 07:46 WIB
Tempat Ngecas Mobil Listrik di SPBU Shell
SPKLU Shell. Foto: Dok. Shell
Jakarta -

Kehadiran kendaraan listrik di Indonesia saat ini semakin bertambah banyak. Begitu juga dengan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang mulai dipasang pada sejumlah tempat, salah satunya Shell yang telah menempatkan SPKLU pertamanya.

Dikutip dari laman Shell Indonesia, saat ini pihak Shell sedang melakukan pengujian layanan Shell Recharge. Nantinya para pengguna mobil listrik dapat mengisi ulang baterai mobilnya di SPKLU milik Shell.

Uji coba layanan Shell Recharge yang pertama ini baru berada di SPBU Shell Pluit Selatan 1, Jakarta Utara. Pihak Shell Indonesia mengatakan bahwa layanan pengisian baterai ini menggunakan pasokan listrik dari PT PLN (Persero).

Kehadiran SPKLU yang bernama Shell Recharge ini merupakan salah satu wujud dukungan Shell Indonesia dalam mendukung upaya pemerintah menyediakan energi terbarukan yang lebih bersih dan hemat.

Tempat Ngecas Mobil Listrik di SPBU ShellTempat Ngecas Mobil Listrik di SPBU Shell Foto: Dok. Shell

Membahas soal SPKLU ini, Shell Recharge menawarkan pengisian baterai kendaraan listrik dengan daya mencapai 50 kW. Bahkan SPKLU ini mampu mengisi dengan rata-rata daya dari 0 sampai 80 persen dalam waktu sekitar 30 menit saja.

Kehadiran SPKLU oleh Shell Indonesia ini menambah daftar sejumlah unit tempat pengisian daya mobil listrik yang ada di Jakarta dan Pulau Jawa. Sebelumnya PT Jasamarga Related Business (JMRB) telah menghadirkan penyediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum atau SPKLU di sejumlah rest area pada ruas tol.

Sampai saat ini terdapat empat SPKLU untuk ngecas kendaraan listrik yang sudah dipasang pada beberapa rest area, yakni Rest Area KM 207 A Ruas Palikanci, Rest Area KM 379 A Ruas Batang-Semarang, serta Rest Area KM 519 A dan KM 519 B Ruas Solo-Ngawi. SPKLU juga sudah tersebar di sejumlah kota besar.



Simak Video "Rencana Mobil Listrik Xiaomi Terbongkar, Disebut Gandeng Perusahaan Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lua)