Bedah Fitur Adaptive Cruise Control, Apa Bedanya dengan Cruise Control Biasa?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Minggu, 21 Mar 2021 13:22 WIB
Test drive Mitsubishi Eclipse Cross
Bedah fitur Adaptive Cruise Control pada mobil terkini. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Di beberapa mobil terkini telah tersemat fitur cruise control. Dengan fitur ini, pengemudi tak perlu capek-capek menginjak pedal gas karena sistem komputer pada mobil akan menjaga laju kendaraan dengan kecepatan tertentu yang telah diatur.

Lebih canggih, saat ini telah tersedia fitur Adaptive Cruise Control. Mengutip laman resmi Mitsubishi Motors Indonesia, fitur ini punya banyak keunggulan terutama dibandingkan dengan Cruise Control biasa. Berkat fitur Cruise Control ini, pengemudi bisa melajukan mobilnya tanpa harus menginjak pedal gas. Namun ada batas ketentuan kecepatan maksimal dan minimal untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Bedanya pada Adaptive Cruise Control ini bisa membebaskan pengemudi dari pedal gas dan juga pedal rem. Soalnya, Adaptive Cruise Control lebih canggih karena bisa menyesuaikan kecepatan dengan kondisi lalu lintas. Fitur ini lebih canggih karena menggunakan laser dan sensor-sensor lain termasuk untuk melakukan pengereman secara otomatis (adaptif).

Saat Adaptive Cruise Control ini diaktifkan dengan kecepatan tertentu, maka mobil akan menjaga kecepatan dengan kendaraan di depannya tanpa harus menekan pedal gas dan pedal rem. Jika kendaraan di depan mengurangi kecepatan, maka otomatis fitur Adaptive Cruise Control juga akan mengurangi sendiri kecepatannya. Artinya, jarak dengan kendaraan di depan akan tetap terjaga.

Begitu mobil di depan kembali melaju, maka mobil dengan Adaptive Cruise Control ini ini akan menambah kecepatan sesuai dengan batasan yang telah ditetapkan oleh pengemudi.

Fitur Adaptive Cruise Control telah menggunakan teknologi laser yang bertujuan untuk mendeteksi jarak dengan kendaraan lain yang berada di depan. Mobil akan mengerem ketika jarak mobil sudah terlalu dekat. Begitu juga ketika mobil mendeteksi jarak yang terlalu jauh dengan kendaraan di depannya, mobil akan menambah kecepatan sesuai dengan setingan kecepatan terakhir.

Test drive Mitsubishi Eclipse CrossFitur Adaptive Cruise Control pada Mitsubishi Eclipse Cross Foto: Agung Pambudhy

Cara pengoperasian Adaptive Cruise Control kurang lebih sama. Seperti cruise control biasa, fitur ini baru bisa aktif pada kecepatan minimal 40 km/jam dengan menekan tombol Cruise Control yang terletak di setir sebelah kanan.

Menurut Mitsubishi, fitur Adaptive Cruise Control ini sudah tersedia di mobil-mobil yang mereka jual di Indonesia. Salah satunya adalah Mitsubishi Eclipse Cross. Saat ini, Mitsubishi Eclopse Cross dijual dengan harga mulai dari Rp 488.750.000 sampai Rp 493.750.000.

Selain Adaptive Cruise Control, Eclipse Cross juga dilengkapi fitur-fitur canggih lainnya. Di antaranya adalah:

- Automatic High Beam yang akan mengubah lampu highbeam menjadi low beam secara otomatis saat mendeteksi kendaraan lain di depan
- Blind Spot Warning (BSW) yakni fitur radar sensor pada bumper belakang untuk mendeteksi adanya kendaraan di titik tidak terlihat di belakang
- Rear Cross Traffic Alert (RCTA) untuk mendeteksi kendaraan lain yang mendekat saat gigi mundur aktif
- Ultrasonic Misacceleration Mitigation System (UMS) untuk menghindari benturan saat parkir di mana sistem akan menyalakan suara dan menampilkan peringatan saat sensor depan atau belakang mendeteksi objek yang menghalangi jalur parkir
- Hills Start Assist (HSA) untuk mencegah mobil mundur dengan menahan rem hingga dua detik setelah rem dilepas saat berhenti di tanjakan.

Sementara fitur keselamatan lain yang ada di mobil ini adalah Active Yaw Control (AYC) untuk meningkatkan performa saat bermanuver dengan mengoptimalkan tenaga pada rem depan, Active Stability & Traction Control (ASTC) untuk mencegah roda kehilangan kendali di jalanan licin, Forward Collision Mitigation System untuk mencegah benturan depan atau meminimalkan dampaknya jika benturan tak dapat dihindarkan, serta 7 buah SRS airbag yang berada di depan, samping, tirai dan lutut pengemudi.



Simak Video "Mobil Bisa Jalan Sendiri! Ini Cara Menggunakan Cruise Control di Mobil"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lua)