Waduh, Tesla Model 3 Meledak saat Diparkir

Ridwan Arifin - detikOto
Sabtu, 23 Jan 2021 18:53 WIB
Tesla Model 3 mulai diproduksi di pabrik Tesla
Tesla Model 3 Foto: Elon Musk
Jakarta -

Tesla Model 3 dilaporkan tiba-tiba meledak di parkiran basement di China pada Selasa (19/1/2021) malam lalu. Belum diketahui penyebab dari terbakarnya mobil listrik tersebut.

Dicuplik CNBC, Sabtu (23/1/2021) tidak ada orang yang terluka dalam kebakaran tersebut. Tesla Inc -- dalam pernyataan kepada media China menganalisa dugaan awal ialah adanya benturan bagian bawah mobil yang membuat kemasan baterai rusak.

Xinmin Evening News Shanghai melaporkan bahwa Tesla Model 3 menabrak penutup lubang got saat memasuki fasilitas parkir.

Perusahaan bekerja sama dengan pemadam kebakaran untuk melakukan penyelidikan, dan membantu pemilik mobil untuk mengklaim asuransi. Namun, pihak Tesla belum memberikan konfirmasi pada CNBC.

Prestige Motorcars kembali memperkenalkan line up kendaraan ramah lingkungannya. Kali ini mobil yang dibawa oleh importir umum tersebut adalah Tesla Model 3.Prestige Motorcars kembali memperkenalkan line up kendaraan ramah lingkungannya. Kali ini mobil yang dibawa oleh importir umum tersebut adalah Tesla Model 3. Foto: Pradita Utama

Belum diketahui dengan jelas apakah Model 3 yang terpengaruh adalah versi buatan pabrik di Shanghai atau impor dari Amerika Serikat. Sebab, diketahui sejak tahun lalu, Tesla mulai melokalisasi model 3 dan menjualnya di China.

Berkaitan dengan meledaknya Tesla Model 3 di parkir basement tersebut, salah satu produsen baterai listrik terbesar di dunia - yang juga berasal dari Cina, Contemporary Amperex Technology (CATL) menyebut tidak memasok baterai untuk mobil yang terbakar tersebut.

Ledakan itu terjadi di tengah kekhawatiran keamanan tentang kendaraan Tesla di China, yang merupakan pasar yang semakin penting untuk bisnis pembuat mobil yang dipimpin Elon Musk. Menyusul pada Oktober 2020 lalu, China State Adiministration for Market Regulation memintar recall terhadap 30.000 unit Model S dan Model X karena masalah suspensi. Kendaraan yang bermasalah itu merupakan produksi tahun 2013 dan 2017, dan impor dari pabrik di California, Amerika Serikat.



Simak Video "Luhut: Soal Tesla Sampai Hari Ini Kita Masih Bicara"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)