Lamborghini Ini Dibuat dari Barang Rongsokan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 07 Jan 2021 17:52 WIB
Replika Lamborghini dari Barang Rongsokan
Replika Lamborghini dari barang bekas. Foto: Screenshot Youtube Arun Smoki
Jakarta -

Lamborghini menjadi salah satu mobil super yang harganya cukup mahal. Tak ayal, Lamborghini kerap menjadi mobil impian banyak orang. Namun, ada pula cara mengakali demi memiliki sebuah Lamborghini. Misalnya dengan membuat replika mobil Lamborghini dari sebuah rongsokan.

Diberitakan Cartoq, seorang pria di Kerala, India, membuat replika mobil Lamborghini Huracan menggunakan barang rongsokan. Hal itu bisa dilihat di kanal Youtube Arun Smoki. Tampilannya memang jauh dari kata keren sebagai sebuah Lamborghini. Namun karena menggunakan material rongsokan, replika Lamborghini ini punya nilai tambah.

Bodinya tidak memiliki kehalusan dan finishing yang biasa ada di sebuah Lamborghini. Semua panel eksterior replika ini terbuat dari spanduk fleksi. Lampu depan, saluran udara, semuanya dibuat dengan tangan.

Replika Lamborghini dari Barang RongsokanReplika Lamborghini dari Barang Rongsokan Foto: Screenshot Youtube Arun Smoki

Motif utama dibalik pembuatan replika Lamborghini ini adalah untuk memanfaatkan barang-barang yang biasa dibuang orang. Semua bahan yang digunakan di dalam mobil adalah rongsokan yang dibuang oleh orang lain.

Rangka dan pelek diproduksi di bengkel. Setelah rangka selesai dibuat, pelek alloy dibalut ban bekas Maruti 800. Bannya terlihat aneh, sebab ban asli kurang untuk ukuran pelek yang dibuat sehingga harus ditambah karet dari ban lain.

Seperti Lamborghini asli, mesinnya diletakkan di bagian belakang, bahkan ditambahkan penutup kaca. Mesin yang menggerakkan mobil replika Lamborghini adalah mesin dari sepeda motor Hero Glamour. Mobil ini memiliki transmisi empat percepatan dan gigi mundur.

Replika Lamborghini dari Barang RongsokanReplika Lamborghini dari Barang Rongsokan Foto: Screenshot Youtube Arun Smoki

Di bagian interior terdapat sakelar power window, sistem audio, kamera belakang dan depan, hingga smartphone yang berfungsi sebagai speedometer. Dasbor terbuat dari bahan bekas dengan lampu dan sakelar yang terbuat dari barang elektronik lama.

Setirnya tidak bulat sempurna, seperti Lamborghini asli dengan bagian bawah yang rata. Di balik setir juga ada paddle shifter yang berfungsi. Terdapat sunroof dan knalpot bersuara cukup serak karena menggunakan silincer underbelly dari KTM.



Simak Video "Kreatifitas Membuat Mobil Listrik, Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)