ADVERTISEMENT

Dampak Corona, Honda Tutup Satu Pabrik Mobil

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 28 Des 2020 10:26 WIB
Logo Mobil Honda
Honda menutup salah satu pabrik di India dampak dari COVID-19. Foto: Dadan Kuswaraharja
New Delhi -

Honda di India terdampak pandemi virus Corona (COVID-19). Salah satu pabrik mobil Honda di negeri itu terpaksa ditutup.

Dalam siaran persnya, Honda Cars India Ltd (HCIL) mengumumkan penyelarasan kembali operasi manufakturnya demi meningkatkan efisiensi bisnis.

HCIL memutuskan utnuk menghentikan produksi mobil di pabrik Greater Noida. Namun, semua fungsi kantor pusat, pusat litbang India dan operasi suku cadang, termasuk gudang untuk bisnis mobil dan sepeda motor akan terus beroperasi.

"Meskipun terjadi peningkatan penjualan dalam tiga bulan terakhir, kondisi pasar saat ini tetap tidak dapat diprediksi untuk industri secara umum," kata President & CEO Honda Cars India.

"Dampak COVID-19 memaksa kami untuk memperkuat konstitusi kami, dan untuk mencapai hal yang sama, HCIL telah memutuskan untuk mengkonsolidasikan operasi manufakturnya dengan menjadikan pabrik Tapukara sebagai basis manufaktur terpadu," katanya.

"HCIL terus percaya pada ketahanan ekonomi India dan berharap untuk pemulihan pasar yang lebih cepat. India adalah pasar yang sangat penting dalam strategi global Honda dan HCIL berkomitmen untuk menghadirkan model teknologi terbaru dan canggihnya termasuk kendaraan listrik di masa depan."

Pabrik Honda di India sempat berhenti beroperasi karena lockdown. Berdasarkan laporan Society of Indian Automobile Manufactures (SIAM), pertama kali dalam sejarah penjualan kendaraan dalam negeri di India mencapai titik terendah alias nol.

Industri otomotif merugi sekitar USD 306 juta per-hari atau setara Rp 4,4 triliun dari para pembuat mobil seperti Honda, Mahindra, Maruti Suzuki, Hyundai, MG Motor, dan Toyota Kirloskar.

Kini, aktivitas produksi kendaraan mulai pulih. Sejak dibukanya kembali pabrik mobil di sana, Honda mengklaim telah berhasil meningkatkan volume produksi hariannya ke tingkat sebelum COVID-19 sejak September 2020.



Simak Video "First Ride Honda ADV 160: Mesinnya Mantap, Fiturnya Makin Lengkap!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT