Studi: Tahun 2024 Produksi Mobil Listrik Bakal Semurah Mobil Biasa

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 26 Okt 2020 17:29 WIB
Mitsubishi memperkenalkan mobil ramah lingkungan mereka di arena GIIAS 2019. Mobil itu adalah Mitsubishi Outlander PHEV. Penasaran? Yuk, lihat.
Biaya produksi mobil listrik diprediksi bakal lebih murah. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Produksi mobil listrik saat ini masih dianggap mahal. Komponennya yang terbilang canggih harganya tak murah. Namun di masa depan, produksi mobil listrik bakal semurah mobil konvensional.

Dilansir Carscoops, penelitian baru menunjukkan bahwa mobil listrik dapat dibuat dengan harga yang sama dengan mobil konvensional pada awal 2024.

Penelitian dari bank investasi UBS menunjukkan bahwa biaya tambahan pembuatan kendaraan listrik dibandingkan dengan kendaraan ICE akan turun US$ 1.900 (Rp 27.905.300) per mobil pada tahun 2022. Biaya tambahan itu disebut akan menghilang sepenuhnya pada tahun 2024.

UBS menarik kesimpulan ini dengan menganalisis baterai dari tujuh produsen baterai terbesar. Sebab, baterai menyumbang antara seperempat hingga dua perlima dari biaya seluruh kendaraan listrik. Bank investasi menambahkan bahwa biaya dapat turun hingga di bawah $ 100 per kilowatt-hour pada tahun 2022.

UBS juga memperkirakan pangsa pasar mobil listrik akan mencapai 17 persen dari penjualan global pada 2025. Tahun 2030 pangsa pasar mobil listrik diprediksi naik menjadi 40 persen.

"Tidak banyak alasan tersisa untuk membeli mobil bermesin bakar setelah 2025," kata analis UBS Tim Bush. Bush menyimpulkan membeli mobil listrik akan menjadi pilihan banyak orang ketimbang beli mobil bermesin bakar.

Penurunan biaya baterai diperkirakan akan memicu peralihan cepat ke kendaraan listrik. Saat ini, kendaraan listrik sendiri telah menikmati peningkatan penjualan di Uni Eropa dan China. Hal ini menyebabkan analis mobil independen Matthias Schmidt memperkirakan satu juta mobil listrik dan hybrid akan terjual pada tahun 2020 di seluruh Uni Eropa, dari total penjualan 11 juta unit kendaraan.



Simak Video "Keren! Itenas Bandung Ciptakan Mobil Militer Tenaga Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)