Nissan Magnite, SUV Murah Mirip Datsun Resmi Meluncur

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 22 Okt 2020 14:00 WIB
Nissan Magnite
Nissan Magnite resmi meluncur (Dok. Nissan)
Jakarta -

Nissan akhirnya memperkenalkan SUV kecil terbaru yang tampilannya mirip dengan mobil-mobil Datsun. SUV itu dijuluki Nissan Magnite.

Sejak pertama kali dimunculkan versi konsepnya, tampilan Nissan Magnite mengingatkan kita kepada mobil Datsun. Grille depan berbentuk heksagonal mirip banget sama Datsun GO Panca yang produknya sudah disuntik mati di Indonesia.

"Mobil tersebut menegaskan kembali filosofi merek kami dalam menjaga pelanggan sebagai inti dari segala hal yang kami lakukan untuk menghadirkan produk menarik untuk memperkaya pengalaman," kata Sinan Ozkok, Presiden, Nissan Motor India, dalam siaran pers peluncuran Nissan Magnite.

Dari segi desain, Nissan Magnite dibuat dengan perpaduan antara gaya dan fungsionalitas. Warna Flare Garnet Red (Tint-Coat) pertama di segmennya memancarkan kesan premium. Tersedia 9 pilihan warna bodi, termasuk monotone dan dual tone.

Nissan MagniteNissan Magnite Foto: Dok. Nissan

Mobil ini memiliki lampu depan ramping dengan lampu sein bergaya lightsaber. Mobil ini juga dihiasi lampu LED Daytime Running light (DRL) berbentuk L dan grille depan besar di bagian depan.

Dari segi interior, Nissan Magnite dikemas dengan mengedepankan kenyamanan. Interior tampak luas dengan banyak penyimpanan fungsional. Selain itu, Nissan Magnite dibekali fitur tech pack seperti wireless charger, air purifier, ambient/mood lighting, hingga speaker premium dari JBL powered by Harman.

Nissan MagniteInterior Nissan Magnite (Dok. Nissan)

Untuk urusan sistem audio, Nissan Magnite dilengkapi dengan layar hiburan touchscreen berukuran 8 inchi. Head unit itu terhubung dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

Di belakang, terdapat jok yang bisa dilipat dengan konfigurasi 60:40. Nissan mengklaim Nissan Magnite memiliki jarak antara pengemudi dan penumpang yang luas, sebesar 700 mm, ruang kaki sebesar 593 mm dan headroom belakang 76 mm. Kapasitas ruang bagasi sebesar 336 liter membuat Nissan dapat menampung 3 koper.

Bicara performa, Nissan Magnite ditenagai mesin HRA0 1.000 cc turbo. Mesin itu dikawinkan dengan girboks manual lima percepatan, atau ada pilihan transmisi lain yaitu X-TRONIC CVT.

Uniknya, mesin HRA0 yang digendong Nissan Magnite mengadopsi teknologi "mirror bore cylinder coating" dari Nissan GT-R. Teknologi itu mengurangi hambatan di dalam mesin sehingga menghasilkan akselerasi yang mulus dan konsumsi bahan bakar yang efisien.

Nissan Magnite diklaim memiliki teknologi canggih. Teknologi Nissan Intelligent Mobility (NIM) tersemat di dalam Nissan Magnite.

Pertama di kelasnya, Nissan Magnite dilengkapi dengan Around View Monitor yang menyajikan tampilan mobil dari atas seperti bird's eye view di layar monitor. Ini memudahkan pengemudi saat memarkir mobil untuk melihat apakah ada objek di sekitar mobil yang dapat menghambat.

Untuk urusan keselamatan, Nissan Magnite dibangun dengan struktur bodi yang efisien, berkekuatan tinggi dan menyerap benturan. Fitur keselamatannya ada nti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Hydraulic Brake Assist (HBA), Vehicle Dynamic Control (VDC) , Traction Control System (TCS), Hill Start Assist (HSA), pengunci pintu dengan sensor kecepatan, central lock, serta dua SRS airbag dengan sabuk pengaman pretension & load limiter untuk pengemudi dan penumpang. Selain itu, sistem Vehicle Dynamic Control (VDC) akan meningkatkan stabilitas Nissan Magnite, memungkinkan pengemudi memiliki kendali yang lebih baik, terutama dalam kondisi cuaca buruk.

Soal harga, Nissan belum mengumumkan banderol resmi Nissan Magnite. Namun, diperkirakan harga Nissan Magnite ini berada di kisaran 500.000 rupee sampai 1.000.000 rupee (Rp 99,7 jutaan sampai Rp 199 jutaan) di India.



Simak Video "Nissan Launching SUV Kicks e-Power, Bukti Belum Mati di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)