Kamis, 24 Sep 2020 17:04 WIB

Begini Cara Pesan Mobil Esemka Secara Online

Rosmha Widiyani - detikOto
TNI AU pakai mobil Esemka (Farih/detikcom) Foto: TNI AU pakai mobil Esemka (Farih/detikcom)/Cara Pesan Mobil Esemka Online di Link https://esemkaindonesia.co.id/
Jakarta -

Mobil Esemka sempat populer beberapa waktu lalu sebagai mobil karya siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Solo, Jawa Tengah. Belakangan mobil ini diproduksi PT Solo Manufaktur Kreasi yang berlokasi di Boyolali, Jateng. Presiden Joko Widodo meresmikan langsung pabrik mobil ini pada September 2019 lalu.

Presiden Jokowi memang punya "kedekatan emosional" dengan mobil Esemka. Saat masih menjabat Wali Kota Solo pada 2012 lalu, Jokowi sempat menggunakan mobil Esemka Rajawali sebagai kendaraan dinas. Dikutip dari situsnya, produksi mobil Esemka saat ini pindah ke jalur industri supaya dapat berkembang maksimal.

Meski begitu publik tetap penasaran terkait wujud, harga, spesifikasi, hingga cara pesan mobil Esemka. Sebagai mobil yang pernah viral, sensasi naik mobil Esemka bisa jadi cerita sendiri.

Bagi yang ingin memesan mobil Esemka sebetulnya sangat mudah cukup klik situs mobil Esemka di link https://esemkaindonesia.co.id/. Selanjutnya, pemesan bisa mengisi data diri yang diperlukan dalam kolom yang disediakan situs mobil Esemka. Langkah cara pesan mobil Esemka selanjutnya sesuai dengan instruksi dari situs tersebut.

Dalam situs diterangkan, saat ini PT Solo Manufaktur Kreasi memiliki izin untuk memproduksi 8 jenis mobil Esemka. Jenis mobil yang tergolong kendaraan ringan ini adalah Esemka Bima 1.0 M/T, Esemka Bima 1.2 M/T, Esemka Bima 1.3 M/T, Esemka Bima 1.3 L M/T, Esemka Bima 1.8 D M/T, Esemka Digdaya 2.0 M/T, Esemka Garuda 2.0 (4x4) M/T, dan Esemka Borneo 2.7 D.

Meski begitu, bila diklik di situs mobil Esemka https://esemkaindonesia.co.id/ hanya terdapat dua jenis produk mobil. Keduanya adalah Bima 1.2 dan Bima 1.3, yang informasi lebih lanjutnya bisa diketahui dengan mengklik menu Produk. Mobil Esemka Bima 1.2 dan Bima 1.3 adalah truk ringan yang memiliki kargo luas dan kabin yang lebar.

Mobil Esemka Bima telah meluncur sebagai kendaraan komersial pada September 2019, dengan harga kurang dari Rp 150 juta. Presiden Joko Widodo pernah menjelaskan harga off the road mobil Esemka Bima tak sampai Rp 100 juta.

Beberapa orang disebut sudah memiliki dan menikmati naik mobil Esemka Bima. Mereka adalah TNI Angkatan Udara, Pemerintah Kota Semarang, dan Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan.



Simak Video "KPK soal Mobil Dinas Pimpinan: Tunjangan Transportasi Akan Dihapus"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com