Kamis, 13 Agu 2020 16:24 WIB

Canggih, Mobil Ini Bisa Kurangi Gejala Mabuk Perjalanan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jaguar Land Rover has fitted ‘virtual eyes’ to intelligent pods to understand how humans will trust self-driving vehicles, as research studies suggest that as many as 63% of pedestrians worry about how safe it will be to cross the road in the future. Mobil otonom Jaguar Land Rover. (Jaguar Land Rover)
Jakarta -

Perjalanan menggunakan kendaraan darat, laut, maupun udara terkadang menimbulkan mual alias motion sickness. Tak jarang penumpang kendaraan muntah saat melakukan perjalan karena mual.

Jaguar Land Rover sedang mengembangkan sistem yang mencegah gejala mabuk perjalanan atau motion sickness. Pabrikan mobil asal Inggris itu mengembangkan sistem yang bertujuan mengurangi rasa mabuk perjalanan dengan mengadaptasi gaya mengemudi kendaraan otonom masa depan.

Jaguar Land Rover pertama kali mengenalkan sistem itu pada akhir 2018. Sejak itu, Jaguar Land Rover menerapkan sistem tersebut ke perangkat lunak kendaraan otonom.

Menurut Jaguar Land Rover, sistem otonomnya dapat mengurangi dampak mabuk perjalanan hingga 60 persen.

Jaguar Land Rover mencatat, mabuk perjalanan sering kali disebabkan ketika mata mengamati informasi yang berbeda dari yang dirasakan oleh telinga, kulit, dan tubuh. Sistem pada mobil otonom akan menggunakan pengereman, akselerasi dan pemosisian jalur untuk mengurangi perasaan tidak menyenangkan itu.

"Mobilitas berubah dengan cepat, dan kami perlu memanfaatkan kekuatan kendaraan yang dapat mengemudi sendiri untuk mencapai tujuan kami yaitu tanpa kecelakaan dan kemacetan. Mengatasi masalah mabuk kendaraan pada mobil tanpa pengemudi adalah kunci untuk membuka potensi besar teknologi ini bagi penumpang, yang akan dapat menggunakan waktu perjalanan untuk membaca, bekerja, atau bersantai," kata kata Kepala Petugas Medis Jaguar Land Rover, Dr. Steve Iley.

Upaya JLR untuk meminimalkan mabuk perjalanan merupakan bagian dari rencana yang dimiliki Jaguar Land Rover. Pabrikan asal Inggris itu ingin membuat masyarakat lebih aman dan lebih sehat sekaligus membuat lingkungan mereka lebih bersih melalui inovasi.



Simak Video "Mobil Tanpa Sopir Versi Toyota"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com