Senin, 13 Jul 2020 12:50 WIB

Turki Bikin Mobil Nasional, Pabriknya Siap Berdiri

Ridwan Arifin - detikOto
Mobil listrik nasional Turki Mobil nasional Turki Foto: Dok. Web Pemerintah Turki
Jakarta -

Mimpi Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk memiliki mobil nasional berjalan sesuai rencana. Kabarnya, pabrik mobnas turki TOGG (Turkey's Automobile Joint Venture Group Inc) bersiap untuk seremoni peletakan batu pertama pabrik yang berlokasi di wilayah Gemlik di Provinsi Bursa, Turki.

Dikutip dari Dailysabah, Senin (13/7/2020) seremoni groundbreaking atau peletakan batu pertama pabrik mobnas Turki akan dilakukan 18 Juli 2020.

Persatuan Kamar Dagang dan Bursa Komoditas Turki, Rifat Hisarcıklıoğlu mengatakan Erdogan bakal hadir dalam acara tersebut.

Dia menekankan bahwa tingkat kandungan lokal dalam negeri (TKDN) akan mencapai 75% setelah dua tahun setelah pabrik berdiri. Rifat berharap bisa menggairahkan industri komponen lokal khususnya di wilayah Bursa.

"Kami ingin mendapat manfaat dari pengalaman Bursa di sektor ini," katanya, seraya menambahkan bahwa kota ini adalah salah satu pusat terpenting Turki dalam subindustri otomotif.

Kementerian Lingkungan Hidup Turki juga sedah menyetujui Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) sejak Juni lalu.

Pabrik TOGG diketahui menelan investasi hingga US$ 3,7 miliar dengan kapasitas produksi 175 ribu kendaraan per tahun yang mampu menyerap hingga 4.000 pekerja.

Mimpi Erdogan ini merupakan hasil konsorsium yang dibuat tahun 2018. Setidaknya ada lima perusahaan, yakni Anadolu Group, BMC, Kok Group, operator telepon seluler Turkce dan Zorlu Holding serta Vestel.

Tahun lalu, Erdogan meluncurkan prototipe kendaraan sport utility (SUV) dan sedan, keduanya sepenuhnya listrik dan model segmen C. Rencananya TOGG membuat lima model berbeda, mulai dari SUV, sedan, C-hatchback, B-SUV dan B-MPV. Mobil listrik akan siap untuk semua konsumen domestik di 2022.



Simak Video "Ubah Hagia Sophia Jadi Masjid, Erdogan: Hak Kedaulatan Turki"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com