Kamis, 09 Jul 2020 10:57 WIB

Keren, Mobil Listrik Bikinan Anak-anak SMK Ini buat Jualan Nasi Pecel

Tim detikcom - detikOto
Siswa SMK di Madiun Bikin Mobil Listrik untuk Jualan Nasi Pecel Siswa SMK di Madiun Bikin Mobil Listrik untuk Jualan Nasi Pecel. (Screenshot CNN Indonesia)
Jakarta -

Mobil listrik menjadi jawaban akan kendaraan ramah lingkungan. Tak cuma impor dari luar negeri, anak bangsa pun ternyata banyak yang mampu menciptakan mobil bertenaga listrik.

Bahkan, siswa SMK di Madiun berhasil membuat mobil listrik. Dalam tayangan CNN Indonesia, anak-anak SMK Model Rujukan PGRI 1 Mejayan Madiun membuat mobil bertenaga listrik untuk membantu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Siswa SMK Model Rujukan PGRI 1 Mejayan Madiun mendesain mobil listrik ini untuk berjualan. Salah satunya bisa digunakan untuk berjualan nasi pecel.

Dilaporkan, semua desain mobil ini dilakukan oleh siswa SMK Model Rujukan PGRI 1 Mejayan Madiun. Setidaknya ada enam siswa yang terlibat dalam pengembangan mobil listrik buat berjualan nasi pecel tersebut. Empat siswa di antaranya merupakan siswa jurusan mesin, dan dua siswa jurusan listrik.

Mobil listrik itu dinamakan Moblis UMKM SMK Model. Idenya bermula dari keresahan warga dengan banyaknya angka pengangguran akibat pandemi COVID-19.

Mobil listrik UMKM SMK Model ini rencananya bakal diproduksi massal. Mobil ini memanfaatkan daya dari aki 12 volt.

"Kecepatannya maksimal 40 km/jam dengan pengecasan aki selama 3 jam bisa berjarak sekitar 90 km," sebut Febry Aria Tama salah satu siswa SMK Model Rujukan PGRI 1 Mejayan Madiun.

Sementara itu, menurut Kepala Sekolah SMK Model PGRI 1 Mejayan Madiun, Sampun Hadam, produksi mobil listrik ini tak terlalu mahal. Biayanya hanya sekitar Rp 15 juta.

"Proses produksinya kalau ini sampai 1 bulan, karena ini kan masih rancang bangun, sehingga masih coba-coba itu butuh waktu. Kalau ini nanti jadi produk massal paling untuk 1 unit itu tidak sampai 1 minggu selesai," katanya.

Selain untuk berjualan nasi pecel, mobil listrik ini bisa juga dijadikan untuk berjualan sesuai keinginan pelaku UMKM.

[Gambas:Youtube]






Simak Video "Mobil Listrik Anak Bangsa, Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com