Toyota Rilis Fitur Hindari Kecelakaan Salah Injak Pedal Gas

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 07 Jul 2020 10:06 WIB
Fitur Plus Support dan Pedal Misapplication Accleration Control System II
Fitur keamanan Toyota untuk mencegah salah injak pedal gas Foto: Toyota Motor Corporation
Jakarta -

Toyota Motor Corporation telah melakukan pengembangan fitur keamanan untuk mencegah pengemudi salah menginjak pedal. Sistem terbaru ini disebut "Plus Support" --untuk mobil baru--, sekaligus menambah fungsi pada retrofit "Pedal Misapplication Acceleration Control System II" untuk digunakan pada model mobil Toyota sebelumnya.

Pada 2012, Toyota memperkenalkan Inteligent Clearance Sonar (ICS), lalu dimodernisasi dengan Pedal Misapplication Acceleration Control System pada 2018. Sistem saat itu mencegah kecelakaan yang disebabkan karena kesalahan menginjak pedal gas, sensor bisa bekerja ketika mendeteksi hambatan seperti dinding atau kaca.

Dalam data internal Toyota, fitur tersebut mampu mencegah 70 persen dari kecelakaan yang disebabkan karena salah menginjak pedal gas.

Nah, "Plus Support" dan "Pedal Misapplication Acceleration Control System II" bisa mencegah terjadinya akselerasi mendadak, tanpa harus ada objek di depannya. Pun disesuaikan dengan kebutuhan pengendara yang dikenal memang butuh akselerasi mendadak.

Lalu bagaimana sistem kerjanya? Plus support hanya bisa aktif dengan menggunakan Plus Support Smart Key.

[Gambas:Youtube]



Ketika pedal gas diinjak secara tiba-tiba, sistem membaca serta memberikan pengendara peringatan dan bunyi beep. Mobil tidak akan berhenti otomatis, jadi tetap perlu menginjak pedal rem. Tapi saat Acceleration Suppression System bekerja, mobil tidak akan melaju dengan signifikan.

Lebih lanjut, fitur ini tidak berfungsi ketika mobil menyalakan lampu sein -menyalip kendaraan-, menginjak rem setelah dua detik, hingga saat menginjak pedal ketika mobil dalam posisi jalan menanjak seperti di bukit. Oiya, plus support tidak akan aktif jika mobil dibuka menggunakan kunci konvensional biasa, mobil tetap bisa jalan seperti biasa.

Untuk model mobil yang sudah meluncur dapat diaplikasikan "Pedal Misapplication Acceleration Control System II" ialah Prius buatan Desember 2015 hingga Juni 2020, Mark X buatan Oktober 2009 dan November 2016, dan Crown besutan Februari 2008 dan Desember 2012.

Sedangkan mobil baru Prius mulai sejak 1 Juli sudah terpasang, beberapa model lain juga segera muncul. Sayangnya fitur ini baru dipasang khusus untuk Jepang.



Simak Video "Lexus UX 300e Ikut Setrum Dunia Mobil Tanah Air"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)