Senin, 29 Jun 2020 16:37 WIB

Cara Tak Biasa Uji Tabrak, Mobil Ini Diterjunkan dari Ketinggian

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Uji Tabrak, Mobil Ini Diterjunkan dari Ketinggian Mobil diuji tabrak dari ketinggian. (Screenshot Youtube)
Jakarta -

Beberapa mobil yang dijual secara massal di dunia perlu melewati uji tabrak. Biasanya, saat tes tabrak, mobil akan melaju pada kecepatan tertentu dan menghantam objek statis. Kemudian dianalisis seberapa parah dampak yang dihasilkan mobil tersebut saat uji tabrak.

Namun, ada cara berbeda. Adalah Kia Motors Selandia Baru yang menampilkan uji tabrak yang unik. Mobil Kia Carnival atau Sedona diuji tabrak secara vertikal.

Sebelum meluncur versi terbarunya, Kia Selandia Baru menguji keamanan Kia Carnival generasi sebelumnya. Mobil itu diterjunkan dari ketinggian.

Disebutkan, mobil itu memang mendapatkan peringkat keamanan bintang lima pada Australasian New Car Assessment Program (ANCAP). Itu juga dibuktikan dengan uji tabrak yang sama, mobil dijatuhkan dari ketinggian.

Di lingkungan yang telah disiapkan sedemikian rupa, mobil tersebut dijatuhkan dari ketinggian 12,6 meter. Kecepatannya mencapai 56 km/jam. Hasilnya, data menunjukkan bahwa Kia Carnival yang meluncur pada 2016 lalu mendapat peringkat bintang lima (sesuai ANCAP).

[Gambas:Youtube]




Kini, Kia telah memperbarui Kia Carnival atau Sedona. Kia Carnival generasi terbaru diharapkan mendapatkan peringkat yang sempurna dalam penilaian uji tabrak.

Kia Sedona disebut sebagai Grand Utility Vehicle (GUV). Kini, tampilan MPV Kia Carnival/Sedona tampak lebih gagah dengan sentuhan gaya SUV.

Rencananya, Kia Sedona atau Carnival terbaru ini akan dijual di pasar domestik Korea dulu pada kuartal ketiga tahun 2020. Penjualan secara global mengikuti setelahnya.



Simak Video "KIA Picanto, Sang Raja City Car yang Kembali Mengincar Tahtanya"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com