Minggu, 28 Jun 2020 11:11 WIB

Sistem Hybrid Bermasalah, Toyota Recall 267 Ribu Prius

Luthfi Anshori - detikOto
Toyota Prius versi Amerika Serikat Toyota recall Prius di Amerika Serikat. Foto: Carscoops
Jakarta -

Toyota mengumkan kampanye penarikan kembali (recall) ratusan ribu unit Prius yang dijual di Amerika Serikat. Kampanye recall ini melibatkan model Prius dan Prius V. Diduga ada permasalahan di sistem hybrid kedua mobil ramah lingkungan yang sangat populer di negeri paman sam itu.

Dikutip dari Carscoops, recall melibatkan Toyota Prius yang dibuat pada tahun 2013 hingga 2015 dan 2014 hingga 2017 untuk Prius V. Sekitar 267.000 unit Prius dan Prius V yang diproduksi di rentang tahun itu harus dibawa kembali ke dealer-dealer Toyota di AS untuk mendapat perbaikan.

Adapun permasalahan yang akan diperbaiki ada di sistem hybrid, di mana diduga akan terjadi potensi kegagalan saat memasuki mode berkendara, karena tidak bekerjanya salah satu fungsi sistem hybrid.

"Toyota menemukan bahwa dalam situasi yang jarang terjadi, kendaraan mungkin tidak memasuki mode mengemudi. Jika masalah ini terjadi, kendaraan bisa kehilangan tenaga (loss power and stall). Sementara sistem power steering dan pengereman akan tetap bekerja, sebuah kendaraan yang dikendarai pada kecepatan tinggi kemudian mengalami stall, dapat meningkatkan risiko kecelakaan," tulis pernyataan Toyota.

Langkah perbaikan akan dilakukan teknisi Toyota, dengan cara memperbarui perangkat lunak pada sistem hybrid tersebut. Selain itu juga akan dilakukan perbaikan atau penggantian komponen inverter, jika unit Prius yang di-recall mengalami permasalahan tersebut.

Kampanye perbaikan ini akan dimulai pada akhir Agustus 2020. Pihak Toyota menggratiskan biaya perbaikan ini.



Simak Video "Ini Mobil yang Bakal Dibeli Sri Mulyani Usai Pensiun Jadi Menteri"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
d'Rooftalk
×
Penemuan Rp 500 Juta di KRL
Penemuan Rp 500 Juta di KRL Selengkapnya