Sabtu, 27 Jun 2020 17:26 WIB

Bocor, Beredar Gambar Paten Calon Crossover Listrik Toyota

M Luthfi Andika - detikOto
Logo Toyota logo Toyota Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Gelombang mobil listrik sedang terjadi di industri otomotif saat ini. Di sisi lain, mobil SUV dan crossover juga makin digemari para konsumen mobil di dunia. Dua fenomena tersebut tampaknya menjadi alasan kuat bagi Toyota untuk meracik sebuah mobil crossover dengan kombinasi tenaga listrik.

Baru-baru ini sebuah gambar paten calon crossover listrik Toyota terungkap. Mobil listrik ini disebut akan menggunakan platform e-TNGA (electric-Toyota New Global Architecture) dan dibuat khusus untuk pasar China.

Dari gambar paten Toyota yang beredar, mobil ini dibagi dua jenis, crossover kompak (5-seater) dan mid-size crossover (7-seater). Belum jelas spesifikasi yang akan digunakan, namun calon mobil listrik Toyota ini diharapkan bersaing di segmen yang diisi oleh mobil listrik Hyundai Kona, MG ZS EV, termasuk BYD, Chery, Changan, FAW Haima, SAIC, dan Geely.

Gambar Paten Calon Crossover Listrik ToyotaGambar Paten Calon Crossover Listrik Toyota Foto: Pool (Internet)

Dari tampilan gambar sketsa itu, bisa dilihat calon crossover Toyota ini memiliki desain cukup agresif, dengan headlamp sipit, dan atap rendah mirip C-HR. Bagian depan tidak dilengkapi grille, dan minus door handle, dan kaca spion konvensional. Tampaknya itu semua akan digantikan dengan sistem perangkat lebih canggih.

Crossover listrik Toyota menggunakan platform e-TNGA, yang mendukung powertrain listrik dengan kapasitas baterai 50kWh hingga 100kWh. Saat baterai terisi penuh, klaimnya bisa melaju hingga sejauh 300 km, dengan muatan penuh. Bicara sistem penggerak, produk ini dapat diperkenalkan dalam format penggerak FWD, RWD, atau AWD.



Simak Video "Alasan Toyota Recall Mobil Innova dan Fortuner"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com