Selasa, 16 Jun 2020 13:45 WIB

Begini Cara Jaga Mobil Tetap Bersih Terbebas dari COVID-19

Angga Laraspati - detikOto
kebersihan mobil Foto: shutterstock
Jakarta -

Penyebaran COVID-19 memang mesti terus diperhatikan, karena selain mematikan, ternyata virus ini juga dapat menyebar dengan sangat cepat. Berbagai tempat pun dapat menjadi tempat menempelnya virus ini, tak terkecuali di dalam mobil.

Dilansir dari USA Today, setiap kali kita batuk maupun bersin hal tersebut memicu keluarnya aerosol ke udara. Namun yang tidak diketahui, tidak hanya ketika bersin dan juga batuk saja, mengobrol juga dapat mengeluarkan aerosol ke udara bahkan ketika bernapas. Namun saat berada di luar ruangan, keluarnya aerosol tersebut tidak menjadi masalah karena angin membawa serta virus tersebut di udara dengan cepat.

Lalu bagaimana dengan di dalam mobil? Contohnya sebuah mobil MPV atau mobil keluarga. Dengan ukuran tersebut, tidak mungkin untuk melakukan jarak sosial yang aman bukan? Inilah potensi yang menyebabkan penyebaran COVID-19.

Adapun untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan membuka jendela walaupun sedikit selama berada di dalam mobil. Selain itu, bila memutuskan untuk memakai AC cobalah tidak mengaktifkan mode sirkulasi di dalam, sebaliknya aktifkan mode yang membawa udara dari luar, untuk membawa masuk udara segar.

Selain itu memakai masker dan mencuci tangan setelah berkendara juga diharuskan untuk mencegah terjadinya penyebaran COVID-19. Hal ini jugalah yang dilakukan oleh Grab dalam mencegah penyebaran tersebut di dalam armada Grab Car.

Berbagai cara pun dilakukan oleh Grab untuk memastikan keamanan pengemudi dan juga pelanggan dari virus tersebut mulai dari memberikan sekat gratis kepada mitra pengemudinya, menyemprotkan disinfektan di setiap armadanya, memberikan hand sanitizer. Semua itu dapat ditemukan dalam layanan GrabCar Protect yang akan memberikan ekstra fasilitas dan layanan sebagai bentuk preventif COVID-19.



Simak Video "Tiru Thailand, Satgas Covid-19 Minta Protokol Kesehatan Dipertegas "
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com