Cara Pabrikan Otomotif Bantu Pemda Perangi Corona

M Luthfi Andika - detikOto
Kamis, 11 Jun 2020 22:12 WIB
Pabrik milik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang resmi melahirkan mobil Sienta. Toyota menargetkan produksi 4.000 unit/bulan.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Toyota kembali membatu beberapa pemerintah daerah untuk memerangi pandemi virus coroba. Setelah sebelumnya DKI Jakarta, kini Karawang yang dapat donasi.

Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menyerahkan dua unit Kijang Innova ambulance dan 3.000 Alat Pelindung Diri (APD) yang terdiri dari Protection Clothes, Disposable Medical Mask, Medical Goggle, Face Shield, dan Disposable Mask kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Karawang. Ini melanjutkan langkah Toyota yang beberapa hari sebelumnya mendonasikan unit mobilnya pada pemerintah provinsi DKI Jakarta.

"Kami menyampaikan rasa simpati mendalam kepada semua pihak yang terdampak wabah COVID-19, serta penghargaan yang tinggi dan tulus kepada Pemda Karawang yang selama ini memberikan yang terbaik bagi kesehatan masyarakat dalam menghadapi pandemi COVID-19," ujar Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Edward Otto Kanter, dalam rilis yang diterima detikOto.

"Kami berharap semoga bantuan tidak seberapa berupa unit kendaraan ambulance, peralatan APD, dan beras sebagai bahan pangan pokok masyarakat ini dapat membantu warga di Karawang," tambah Edward.

TMMIN SUmbang APD ke Kabupaten KarawangTMMIN SUmbang APD ke Kabupaten Karawang Foto: dok. TMMIN

Untuk bisa memproduksi APD dengan kualitas terbaik seperti flocked swab, medical google, hazmat suit, bag valve mask, dan face shield, TMMIN memilih untuk bekerjasama dengan Universitas Indonesia dan beberapa supply chain Toyota.

Sebagai catatan, donasi ini merupakan rangkaian dari aktivitas corporate social responsibility TMMIN dalam menghadapi COVID-19. Sebelumnya dari total 17 unit Kijang Innova ambulance telah diserahkan beberapa instansi. Diantaranya 9 unit Kijang Innova ambulance kepada Palang Merah Indonesia, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dan Pemda DKI Jakarta dan bersama dengan dealer, supply chain, dan afiliasi, serta menyerahkan 105.000 APD dan 34.800 face mask.

Tidak lupa bantuan langsung berupa bahan pokok dan kebutuhan untuk menjaga kebersihan diri untuk mencegah penularan COVID-19 seperti hand sanitizer, masker kain, sabun cuci tangan antiseptik, alat pencuci tangan portabel serta kebutuhan lainnya kepada masyarakat di lingkungan sekitar dan dealer Toyota diseluruh Indonesia.



Simak Video "Alasan Toyota Recall Mobil Innova dan Fortuner"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)