Jumat, 05 Jun 2020 19:48 WIB

Bensin Langka, Mobil di Venezuela Diakali Pakai Tabung Gas

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Krisis BBM di Venezuela Krisis BBM di Venezuela. Foto: Istimewa
Jakarta -

Rakyat Venezuela saat ini tengah berjuang untuk mengatasi kekurangan bahan bakar. Negara anggota OPEC yang memiliki cadangan minyak mentah terbesar di dunia itu menderita kekurangan pasokan bahan bakar minyak (BBM) terburuk sepanjang sejarah. Masyarakatnya yang memiliki kendaraan bermotor mengakali kekurangan BBM dengan cara yang unik.

Diberitakan Reuters, Venezuela menderita kekurangan bensin karena lumpuhnya kilang penyulingan dan dikombinasikan sanksi Amerika Serikat yang membuatnya sulit untuk mengimpor bahan bakar.

Mekanik dan beberapa pemilik mobil mencari cara agar mobilnya tetap bisa melaju di tengah langkanya bahan bakar minyak. Mereka memodifikasi mobilnya sehingga bisa menggunakan tabung gas yang biasa dipakai masak.

"Tak ada bahan bakar di Venezuela dan saya harus memodifikasi mobil saya seperti ini untuk dapat bekerja dan membawa pulang roti harian saya," kata Senen Aguirre di kota Maracaibo, Venezuela, seperti dikutip Reuters. Dia mengklaim sistem modifikasinya aman, tapi memang mobilnya sering menimbulkan bau gas.

Namun, modifikasi mobil sehingga bisa menggunakan tabung gas untuk memasak tersebut bukan tanpa risiko. Di Puerto La Cruz, ada satu mobil yang dimodifikasi menggunakan tabung gas untuk kompor meledak.

Disebutkan pejabat berwenang, penggunaan tabung gas untuk bahan bakar mobil adalah tindakan yang berisiko dan dilarang.

Para ahli tidak merekomendasikan praktik ini karena potensi ledakan dan risiko kesehatan yang terkait dengan paparan gas.

"Seiring waktu kendaraan ini akan mengalami kebocoran (gas) karena orang tidak berhati-hati," kata insinyur perminyakan Jorge Leon.



Simak Video "Iran Kirim Bantuan Bahan Bakar ke Venezuela"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com