Perlu Tahu, Ini Tips Klaim Asuransi Kendaraan Mudah dan Cepat Cair

Abu Ubaidillah - detikOto
Rabu, 03 Jun 2020 12:11 WIB
Asuransi Kendaraan
Foto: shutterstock
Jakarta -

Setiap pemilik kendaraan, baik mobil dan motor memerlukan asuransi kendaraan bukan hanya sebagai formalitas belaka melainkan juga merupakan kebutuhan praktis dan hukum yang mencakup biaya ketika kendaraan rusak karena kecelakaan, terbakar, banjir, atau hilang dicuri.

Namun sebagian orang masih belum memahami bagaimana tips atau cara klaim asuransi kendaraan agar cepat cair, sehingga dalam prosesnya kadang asuransi kendaraan malah terlambat cair sehingga justru memberi kerugian terhadap kendaraan roda dua maupun roda empat yang dimiliki.

Tips dan Cara Klaim Asuransi Kendaraan Agar Lancar Serta Cepat Cair

Selain memilih asuransi kendaraan pilihan terbaik di Indonesia, Anda juga perlu memperhatikan tips-tips agar klaim asuransi mobil atau motor dapat berjalan lancar serta gampang cair seperti dilansir dari Financial Express berikut.

1. Informasikan Secara Resmi Kepada Penanggung Sesegera Mungkin

Laporkan segera apabila terjadi kecelakaan dalam kurun waktu kurang dari seminggu. Semakin cepat dilaporkan, maka proses pengajuan klaim juga akan semakin cepat.

Namun perhatikan pula hal-hal mendasar dari masing-masing penyedia asuransi kendaraan, termasuk batas waktu pengajuan klaim. Sebab, ada beberapa penyedia asuransi yang menawarkan waktu lebih pendek, misalnya maksimal 24 jam atau 48 jam saja.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui informasi di awal ketika melakukan pendaftaran asuransi kendaraan maupun pembelian polis.


2. Lengkapi Dokumen Kebutuhan Klaim Asuransi Kendaraan

Proses klaim asuransi dapat dimulai setelah semua dokumen dilengkapi. Ketika terjadi kecelakaan di jalan raya atau jalan tol, seseorang harus bertanya kepada perusahaan asuransi mengenai dokumen mana saja yang diperlukan dan kapan waktu pemberkasannya.

Dokumen-dokumen yang biasanya diperlukan pada saat pengajuan klaim asuransi kendaraan antara lain formulir klaim, polis asuransi, sertifikat pendaftaran, serta SIM. Siapkan dokumen tersebut jauh-jauh hari agar ketika pengajuan klaim asuransi kendaraan suatu saat, prosesnya bisa lebih gampang dan cepat cair.

Namun perhatikan juga bahwa setiap perusahaan asuransi memiliki syarat dan ketentuan berbeda, termasuk untuk kebutuhan dokumen-dokumen yang harus disediakan sebagai antisipasi agar pengajuan klaim asuransi kendaraan tidak ditolak.

3. Ambil Foto di Lokasi Kecelakaan

Apabila Anda tidak terluka parah dan masih sanggup berdiri, jangan lupa untuk mengabadikan momen kecelakaan, terutama bagian-bagian kendaraan yang rusak. Perlihatkan secara detail gambar tersebut kepada penyedia asuransi sebagai bukti valid ketika klaim tengah diproses.

Bila memungkinkan, Anda juga bisa mengumpulkan nama dan nomor telepon saksi serta pihak ketiga yang terlibat dalam kecelakaan mobil atau motor Anda. Hal ini akan memperkuat bukti sehingga asuransi dana dari pihak asuransi bisa segera didapatkan dengan lancar dan mudah.

Itulah beberapa tips mudah bagaimana cara klaim asuransi kendaraan agar lancar dan lebih cepat dicairkan. Dan jangan lupa, sebelum memilih asuransi kendaraan pastikan Anda melihat apa saja produknya, bagaimana proses klaimnya, hingga review dari pemilik polis lainnya.

Salah satu pilihan asuransi kendaraan bermotor adalah asuransi dari Mega Insurance (Mega Kendaraan) yang menanggung risiko yang mungkin terjadi pada kendaraan Anda mulai dari roda dua dengan jaminan TLO (Total Lost Only) apabila terjadi kehilangan atau kerusakan di atas 75% dari nilai pertanggungan.

Selain itu Mega Kendaraan juga menanggung risiko kendaraan roda empat dengan jaminan TLO atau comprehensive (all risk) dan juga dapat ditambahkan dengan jaminan risiko bencana alam (angin topan, gempa bumi, tsunami, gunung berapi), huru hara, terorisme & sabotase dan atau kecelakaan diri pengemudi maupun penumpang.

(mpr/mpr)