Jumat, 22 Mei 2020 09:13 WIB

Iklan Berbau Rasis, VW Minta Maaf

Ridwan Arifin - detikOto
Logo VW Volkswagen tersandung rasis Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Volkswagen minta maaf atas postingan video iklan yang dinilai rasis atas promosi New Golf 8. Sebelumnya VW tidak mengakui kesalahan, dan mengatakan hanya terkejut atas reaksi masyarakat.

Mengutip CNN, Jumat (22/5/2020) dalam klip berdurasi pendek yang diunggah Instagram story memperlihatkan seorang lelaki kulit hitam mendekati VW Golf kelir kuning cerah.

Tetapi sebuah tangan raksasa dari seorang wanita kulit putih yang mendorong seorang pria kulit hitam ke sebuah kafe bernama "Petit Colon", dapat diterjemahkan sebagai "pemukim kecil". Bernada satire, sebab suasananya seperti masa kolonial.

Video sudah dihapus, tetapi beberapa di antaranya masih tersebar di media sosial.



Sebelumnya dalam sebuah pernyataan VW menyebut model pria -berkulit hitam- tidak mewakili ras tertentu, tanpa menyebut permintaan maaf.

"Bahkan perusahaan menentang semua bentuk rasisme, xenofobia, dan diskriminasi. Seperti yang dapat Anda bayangkan, kami terkejut dan terkejut bahwa konten tayangan di Instagram kami bisa sangat salah paham," bunyi pernyataan VW.

VW melakukan protes lantaran asal-usul orang yang digambarkan tidak relevan, "perusahaan menentang semua bentuk rasisme, xenofobia, dan diskriminasi."

Tetapi gelombang kritik datang bertubi-tubi. VW dituding tidak benar-benar tulus meminta maaf atas video tersebut. Menanggapi kemarahan yang semakin menjadi, akhirnya perusahaan mengerti kenapa orang-orang kesal karenanya.

"Kami memposting video iklan rasis di saluran Instagram Volkswagen," kata kepala penjualan dan pemasaran merek VW J├╝rgen Stackmann seperti dikutip dari CNN.

"Kami memahami kemarahan publik atas hal ini." tambahnya.

"Atas nama Volkswagen AG, kami meminta maaf kepada masyarakat luas untuk film ini. Dan kami meminta maaf secara khusus kepada mereka yang merasa secara pribadi terluka oleh konten rasis karena sejarah mereka sendiri." tutur dia.



Simak Video "Iklannya Berbau Rasis, Volkswagen Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com