Senin, 18 Mei 2020 22:15 WIB

Lexus Mau Bikin SUV Mungil dari Basis Toyota Yaris Cross

Luthfi Anshori - detikOto
Toyota mengumumkan peluncuran Yaris Cross Toyota Yaris Cross.(Foto: dok. Toyota)
Jakarta -

Lexus dikabarkan tengah mengembangkan mobil crossover berbasis Toyota Yaris Cross. Disebut sebagai Lexus BX, model ini akan menjadi mobil crossover terkecil Lexus yang bersaing dengan Audi Q2.

Tren crossover mungil premium saat ini sedang menanjak di pasar Asia dan Eropa. Hal ini disadari oleh brand premium Lexus, yang tidak ingin ketinggalan menelurkan produk di segmen ini.

Dikutip dari Rush Lane, Lexus akan memanfaatkan produk saudaranya, Toyota Yaris Cross untuk membangun platform SUV mungil pertamanya. Dengan basis yang sama, Lexus hanya tinggal menyesuaikan desain eksterior dan interior agar lebih premium.

Dari desain eksterior, versi mewah Toyota Yaris Cross ini akan mengusung fascia dengan spindle grille khas Lexus. Desain grille ikonik tersebut dikombinasi dengan model lampu LED yang berdesain agresif. Mempertegas kesan premium, akan ada banyak aksen krom yang disematkan.

SUV mungil Lexus akan mengadopsi mesin hybrid bensin 1,5 liter Yaris Crossover yang memiliki output maksimal 116 dk. Sebagai diferensiasi, Lexus disebut akan memberikan pilihan penggerak all-wheel drive (AWD).

Lexus BX kemungkinan besar akan diproduksi di fasilitas produksi Toyota di Prancis bersama saudaranya, Yaris Cross. Model ini bisa menjadi kunci bagi Lexus untuk meningkatkan volume penjualan mereka.

Kerja sama berbagi platform antara Lexus dan Toyota bukan pertama kalinya dilakukan pada Yaris Cross. Sebelumnya Lexus juga telah memproduksi MPV premium dari basis Toyota Alphard.

Alphard versi mewah diluncurkan dalam model Lexus LM. Mobil ini diluncurkan di pasar Thailand. Lexus LM dibanderol sekitar 6,5 juta baht atau setara Rp 2,9 miliar.



Simak Video "Review Yaris 2020, Senjata Toyota Lawan Honda Jazz"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com