Senin, 18 Mei 2020 08:10 WIB

Tantang Rocky-Raize, Honda ZR-V Masuk RI?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Logo Mobil Honda Honda. Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta -

Mobil di segmen small SUV semakin diminati. Secaara global, sudah banyak produsen otomotif yang menghadirkan small SUV. Yang terbaru, di Jepang duet Toyota-Daihatsu telah melahirkan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Kedua mobil itu memang belum meluncur di Indonesia. Tapi tak menutup kemungkinan agen pemegang merek Toyota dan Daihatsu di Indonesia bakal meluncurkannya.

Kini, Honda juga menyiapkan small SUV baru. Honda diketahui bakal memiliki produk baru, dengan kode nama ZR-V. Hal itu diketahui dari sebuah bocoran dokumen pengajuan merek dagang untuk nama 'ZR-V' di India. Apakah masuk Indonesia?

Business Innovation & Marketing and Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy, bilang saat ini pihaknya belum berencana meluncurkan mobil baru. Apalagi di tengah pasar yang sedang lesu diterjang pandemi virus Corona (COVID-19).

Dokumen pengajuan merek Honda ZR-V di IndiaDokumen pengajuan merek Honda ZR-V di India Foto: Indianautosblog

"HPM melihat kalau peluncuran produk baru, timing, dan lineup-nya seperti apa, kita melihat kondisi pasar dan kebutuhan konsumen. Jadi itu pasarnya mau small SUV atau model lainnya ya pasti kita bisa menghadirkan itu. Tapi semua kembali kepada kebutuhan pasar dan konsumen. Kalau sekarang pasar lagi lemah sekali dan harus menyesuaikan dan selalu mengikuti kondisi terkini," kata Billy belum lama ini.

Billy tak menampik kemungkinan Honda ZR-V yang menantang duet Rocky dan Raize akan hadir juga di Indonesia. Sebab, peminatnya juga semakin tinggi.

"Kita juga melakukan survei juga dan demand tersebut memang ada, dan memang diminati. Untuk modelnya apa kita lihat nanti. Untuk sekarang sudah terlihat tren small SUV," sebutnya.

Sebelumnya, ramai diberitakan Honda akan menghadirkan small SUV baru yang mengusung nama ZR-V. Huruf 'Z' mengacu pada Gen Z atau generasi milenial. Sedang huruf 'RV' merupakan nomenklatur Honda untuk penyebutan produk crossover dan SUV-nya. Nantinya, Honda ZR-V akan diposisikan di bawah CR-V, HR-V, dan BR-V.

Honda sendiri sejatinya sudah memiliki produk SUV entry level, WR-V yang dijual di India. Secara teori, Honda ZR-V bisa saja menjadi model penerus WR-V. Namun tidak menutup kemungkinan jika ZR-V menjadi produk yang benar-benar baru hasil pengembangan mobil murah mereka.



Simak Video "Kawasaki Ninja ZX-25R Meluncur ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com