Jumat, 15 Mei 2020 09:08 WIB

Toyota Indonesia Kembali Setop Produksi Sementara, Kini Sampai 1 Juni

Rangga Rahadiansyah - detikOto
PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) hari ini resmi melahirkan produk terbaru the All New Sienta dari pabrik Karawang 2. Pabrik Toyota di Karawang kembali setop produksi sementara (Toyota)
Jakarta -

Pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) melanjutkan penyetopan sementara produksi mobilnya. Disebutkan, pabrik Toyota libur sampai 1 Juni 2020.

Selama masa penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), Toyota Indonesia menetapkan kebijakan bekerja di rumah untuk karyawan dan menghentikan sementara kegiatan produksi selama 2 minggu di bulan April 2020. Pabrik Toyota sempat aktif beberapa fungsi sejak 27 April 2020 dengan pengaturan 1 shift sesuai izin yang dikeluarkan oleh Kementerian Perindustrian. Pengaktifan itu untuk memenuhi layanan dan komitmen ekspor.

Namun, Toyota kembali menghentikan sementara aktivitas produksi di pabriknya. Setelah mempertimbangkan faktor-faktor komprehensif seperti mengantisipasi penurunan permintaan dalam negeri dan ekspor, kondisi pasokan komponen, dan libur Idul Fitri, TMMIN menetapkan kebijakan untuk menghentikan aktivitas produksi sejak tanggal 11 Mei-1 Juni 2020.

PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) hari ini resmi melahirkan produk terbaru the All New Sienta dari pabrik Karawang 2.PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) hari ini resmi melahirkan produk terbaru the All New Sienta dari pabrik Karawang 2. Foto: Toyota

"Toyota mengedepankan keselamatan dan kesehatan karyawan serta para pemangku kepentingan lainnya dalam mengambil keputusan terkait dengan pandemi COVID-19. Kami akan terus memantau situasi terkini dalam mengambil keputusan yang tepat sesuai dengan arahan yang kami terima dari pihak berwenang," tulis Toyota dalam siaran persnya.

Sebagai bagian dari tanggung-jawab TMMIN untuk menghormati kebutuhan pelanggan, beberapa aktivitas yang berkaitan dengan ekspor dan logistik diantaranya akan tetap berjalan di bawah pengawasan pembatasan sosial dan keamanan kesehatan yang ketat.

"Selanjutnya, sambil berjalan, kami akan terus memantau perkembangan situasi termasuk pembaruan tentang kondisi pasokan dan permintaan pelanggan," ujar Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal TMMIN Bob Azam.

Sebelumnya, TMMIN sempat menghentikan produksi selama 5 hari dari tanggal 13 April sampai 17 April 2020. Penyetopan sementara itu diperpanjang pada tanggal 20 April-24 April 2020. Dan kini, aktivitas pabrik Toyota libur lagi sampai 1 Juni 2020.



Simak Video "Ferrari Pastikan 8 Mei Produksi Kembali Berjalan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com